Share

Kuota Pertalite Tipis, RI Perlu Rp65 Triliun untuk Jaga Pasokan BBM Subsidi

Ikhsan Permana, MNC Portal · Senin 15 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 320 2648136 kuota-pertalite-tipis-ri-perlu-rp65-triliun-untuk-jaga-pasokan-bbm-subsidi-iXpDRNWLrj.jpg BBM Pertalite (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 65 triliun untuk bisa menjaga pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dan pertalite.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan. Menurutnya dana tersebut dibutuhkan apabila pemerintah menambahkan kuota untuk pertalite dan solar subsidi tanpa ada kenaikan harga.

"Memang dibutuhkan dana yang cukup besar kalau berdasarkan perhitungan kami," ujar Mamit dalam program Market Review di IDX Channel, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan dengan penambahan 5 juta kiloliter (KL) untuk pertalite sampai akhir tahun, dengan harga keekonomian saat ini Rp9.000 per liter maka untuk pertalite saja dibutuhkan kurang lebih Rp45 triliun.

Sedangkan untuk solar subsidi berdasarkan perhitungan Energy Watch bersama Pertamina membutuhkan kurang lebih 1,4 juta KL sampai dengan 1,5 juta KL hingga akhir tahun, apabila dihitung dengan selisih harga keekonomian Rp13.000 per liter maka dibutuhkan kurang lebih 19,5 triliun.

"Jadi kalau kita total sampai dengan akhir tahun tadi kurang lebih dibutuhkan hampir Rp65 triliun bagi pemerintah untuk tetap menjaga pasokan solar dan pertalite sampai dengan akhir tahun sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat. Itu dengan tidak ada kenaikan harga," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini