Share

Nomor Induk Berusaha Bikin Kepercayaan Diri UMKM Meningkat

Feby Novalius, Okezone · Kamis 25 Agustus 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 455 2654280 nomor-induk-berusaha-bikin-kepercayaan-diri-umkm-meningkat-u11CroTfty.jfif Manfaat Nomor Induk Berusaha pada UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara simbolis dari Kementerian Investasi kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, dan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut UMKM Butuh Informasi Pendanaan yang Efisien dan Mudah

Dalam acara itu, sekitar 400 UMKM di DKI Jakarta dan sekitarnya menerima NIB. Selain sebagai identitas dan legalitas, NIB juga diharapkan dapat membantu perkembangan usaha para pelaku usaha, seperti kemudahan mendapatkan izin Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH), dan akses permodalan.

Salah satu UMKM terpilih adalah Inri Lesmana, pelaku bisnis toko kelontong. Menurutnya, NIB memberikan kemudahan bagi UMKM untuk berkembang. Untuk itu, dirinya mengaku senang mendapatkan kesempatan itu, yang dinilainya sebagai momen dukungan terhadap pelaku UMKM.

Baca Juga: Transformasi Digital UMKM RI Masih Tertinggal di Asia

“Penyerahan langsung NIB oleh Presiden Jokowi menambah kepercayaan diri para pelaku UMKM. Harapannya dengan NIB, para pelaku UMKM akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank,” katanya, Kamis (25/8/2022).

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh pelaku usaha untuk segera mendapatkan NIB. Menurut Presiden, NIB akan mempermudah pengurusan kredit usaha di bank dan memudahkan pemerintah ketika akan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

“Dengan NIB urus kredit di bank mudah, ada bantuan UMKM mudah, karena semua sudah pegang NIB,” kata Presiden.

Presiden juga memberikan semangat kepada para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya di tengah situasi ekonomi yang tak mudah. Kondisi ini tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi hampir di semua negara.

“Tapi negara kita dalam posisi yang baik. Pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 5,1, inflasi masih terkendali. Jadi ini kesempatan semuanya untuk melebarkan sayap usaha dan ekspansi, memberikan kontribusi ekonomi kepada negara tercinta ini,” ujar Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini