Share

Uang Rupiah Baru Ditolak saat Setor Tunai di ATM, Simak Faktanya!

Zuhirna Wulan Dilla, Okezone · Jum'at 26 Agustus 2022 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 320 2654889 uang-rupiah-baru-ditolak-saat-setor-tunai-di-atm-simak-faktanya-yZJeJiVsR8.JPG Rupiah. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Baru-baru ini viral video yang beredar di media sosial (medsos) soal uang rupiah baru ditolak saat setor tunai di mesin ATM.

Kejadian ini dibagikan oleh akun TikTok @kangrija pada Rabu (24/8/2022), di mana uang baru pecahan Rp100.000 itu ditolak oleh mesin ATM.

Sehingga, pengunggah ini terpaksa mengambil kembali uangnya dan tak bisa melanjutkan proses setor tunai.

 BACA JUGA:Viral! Video Uang Rupiah Baru Ditolak saat Setor Tunai, Netizen: ATM-nya Belum Update

"Silahkan ambil uang anda," bunyi tulisan di mesin ATM tersebut.

Terlihat uang yang telah dimasukkan juga keluar lagi.

"Ternyata belum bisa," kata pengunggah.

Dirangkum Okezone, Jumat (26/8/2022), berikut fakta seputar viralnya uang rupiah baru yang ditolak saat setor tunai.

1. Tanggapan Netizen

Viralnya video ini langsung mendapati komentar dari banyak netizen.

Bahkan, ada netizen yang mengaku kalau dia bisa setor tunai dengan uang rupiah baru itu.

"Gue bisa tadi pagi bang tapi BCA, gak tau bank lain," katanya.

Namun, sang pengunggah membalas kalau dia melakukan setor tunai di ATM BCA tapi tidak bisa.

"Saya ini BCA di Kota Bandung, sudah coba dua kali tetep enggak bisa masuk, mungkin belum diupdate semua," jelas pengunggah.

2. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Buka Suara

Terkait viralnya kabar itu, BCA buka suara dengan menyampaikan kalau sedang melakukan persiapan dari segi infrastruktur mesin ATM dan CRM untuk penyesuaian uang emisi baru tersebut.

"Kami akan segera menyampaikan ke masyarakat apabila uang baru rupiah sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Besar harapan kami, proses ini dapat segera selesai dan dapat memberikan layanan terbaik sejalan dengan visi BCA yang senantiasa memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah," ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn kepada Okezone pagi ini.

Dia pun memastikan kalau BCA mendukung dan terus berupaya agar dapat segera menyebarkan pecahan uang kertas baru tahun 2022 untuk nasabah tercinta.

"Hingga saat ini, kami berkoordinasi secara berkelanjutan dengan regulator perbankan terkait penyebaran pecahan uang kertas baru tahun 2022," ucapnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

3. Uang Rupiah Baru 2022

Bank Indonesia (BI) menyatakan, Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Daftar Pecahan Uang Baru

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini