Share

Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Siap Bagi-Bagi Warisan ke Anaknya, Dapat Berapa?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Rabu 31 Agustus 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 455 2658025 orang-terkaya-asia-mukesh-ambani-siap-bagi-bagi-warisan-ke-anaknya-dapat-berapa-KFwvgzB97a.jpg Mukesh Ambani Bagi-Bagi Warisan ke Anaknya. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Miliarder India, Mukesh Ambani telah membuat rencana untuk menyerahkan kerajaan bisnisnya kepada anak-anaknya. Namun dia menyatakan belum ada niat untuk pensiun dalam waktu dekat.

Ambani menetapkan rencana suksesi memberi tahu para pemegang saham di konglomerat Reliance Industries-nya bahwa ketiga anaknya adalah "yang pertama di antara yang sederajat" dan "dibimbing setiap hari oleh para pemimpin senior kami, termasuk saya sendiri."

Ambani, ketua dan promotor Reliance Industries, memiliki seorang putri Isha, dan dua putra, Anant dan Akash.

Baca Juga: Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Ketiga di Dunia, Warga Asia Pertama Berharta Rp2.000 Triliun!

Menurut pengajuan terbaru perusahaan dengan bursa saham Mumbai, "kelompok promotor dan promotor" yang mencakup istri dan anak-anak Ambani serta beberapa perusahaan terkait - mengendalikan hampir 51% dari konglomerat.

"Pemimpin generasi berikutnya kami dengan percaya diri mengambil alih kendali di seluruh bisnis," kata orang terkaya kedua di Asia pada pertemuan tersebut seperti dilansir CNN, Rabu (31/8/2022).

Sementara Ambani mewarisi bisnis minyak dari ayahnya dua dekade lalu, ia telah menghabiskan beberapa tahun terakhir melakukan diversifikasi ke teknologi, energi terbarukan, dan ritel.

Baca Juga: Pengacara Elon Musk Ungkap Alasan Kuat Pembatalan Akuisisi Twitter

Dia meluncurkan Reliance Jio sebagai jaringan seluler pada tahun 2016. Sejak itu telah mengumpulkan lebih dari 400 juta pengguna dan meluncurkan layanan streaming, jaringan broadband serat, aplikasi konferensi video, dan pembayaran digital.

Reliance Industries sekarang bernilai 17,8 triliun rupee (USD224 miliar), berdasarkan nilai pasar sahamnya.

"Akash dan Isha masing-masing mengambil peran kepemimpinan di Jio dan Ritel. Mereka telah terlibat dengan penuh semangat dalam bisnis konsumen kami sejak awal," kata Ambani. "Anant juga bergabung dengan bisnis Energi Baru kami dengan penuh semangat."

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Reliance Retail, yang diluncurkan pada tahun 2006, adalah pengecer terbesar di India berdasarkan pendapatan dan memiliki lebih dari 15.000 toko di seluruh negeri.

Mereka menjual segala sesuatu mulai dari smartphone hingga bahan makanan melalui berbagai merek eponymous, termasuk Reliance Fresh, Reliance Digital dan Reliance Trends.

Ambani adalah orang terkaya ke-11 di dunia dengan kekayaan lebih dari USD90 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Taipan itu mengatakan bahwa dia belum pensiun, dan akan "terus memberikan kepemimpinan langsung."

Meskipun ada banyak spekulasi di media India tentang siapa yang akan mewarisi kerajaan Ambani, ini adalah pertama kalinya dia membuat pernyataan resmi tentang peran yang akan dimainkan anak-anaknya selama masa transisi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini