Share

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Menaker Minta Kepala Daerah Manfaatkan Peran Milenial

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 06 September 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 320 2661530 dorong-pertumbuhan-ekonomi-menaker-minta-kepala-daerah-manfaatkan-peran-milenial-lMGP0XqqxP.jpg Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Foto: Kemnaker)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan Indonesia cukup diuntungkan dengan bonus demografi yang dimiliki saat ini ketika mayoritas populasi adalah berusia muda atau generasi milenial.

Menurutnya, bonus demografi tersebut juga harus disadari dan dimanfaatkan oleh kepala daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Karena pertumbuhan ekonomi Indonesia dimulai dari desa.

 BACA JUGA:Politik Santun dan Beretika Jadi Kunci Perindo Kota Malang Gaet Generasi Milenial

"Kita mendapat bonus demografi sampai tahun 2030 Indonesia bakal di dominasi oleh penduduk generasi muda, kalau tidak dikelola oleh para pemimpin kepala daerah yang visioner saya kira bonus ini bukan menjadi bonus," ujar Ida Fauziah dalam sambutannya pada Indonesia Visionary Leader MNC Portal Indonesia, Senin (5/9/2022) malam.

Menurutnya, peran otoritas di daerah cukup strategis dalam pembangunan Indonesia ke depan, terlebih dalam situasi seperti sekarang ini ketika bayangan inflasi mengintai banyak negara.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Peran strategis itu harus di dukung oleh kepala daerah yang punya visi kedepan, apalagi tantangan kita kedepan juga tidak mudah, kita menghadapi kondisi ekonomi global yang mengancam," sambung Menaker Ida.

Menurut Menaker Ida visi kepala daerah penting untuk disosialisasikan, sehingga jika ada visi yang baik bisa ditiru oleh kepala daerah lainnya.

"Perlu di komunikasikan dan perlu ditularkan kepada kepala daerah lainnya sehingga bisa saling memetik visi yang baik daripada kepala daerah lain," lanjut Menaker Ida.

Sebab pemerintah pusat bukan satu-satunya aktor dalam pembanganan nasional ke depannya.

Ada banyak pihak termasuk peran kepala daerah untuk mempunyai dan mengaplikasikan visi dan misinya yang sesuai dengan arah pembangunan.

"Pemerintah pusat bukan satu-satunya aktor pembangunan nasional, tetapi disitu ada peran kepala daerah, betapa strategisnya peran kepala daerah kabupaten kota, bupati hingga walikota," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini