Share

Harta 50 Orang Terkaya Singapura 2022 Anjlok, Kini 'Tinggal' Rp2.444 Triliun

Feby Novalius, Okezone · Kamis 08 September 2022 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 455 2663300 harta-50-orang-terkaya-singapura-2022-anjlok-kini-tinggal-rp2-444-triliun-HGqaNX47F2.png Harta 50 Orang Terkaya Singapura Turun. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Harta kekayaan para miliarder Singapura anjlok. Total dari 50 orang terkaya 2022, harta kekayaan turun lebih dari seperlima atau menjadi USD164 miliar setara Rp2.444 triliun (kurs Rp14.904 per USD) dari tahun lalu.

Reputasi Singapura sebagai tempat perlindungan yang aman selama pandemi menjadi magnet bagi orang-orang kaya. Alhasil harga properti di kota tersebut pun naik.

Kemudian pelonggaran pembatasan wilayah juga meningkatkan pengunjung internasional yang membuat tarif hotel melonjak. Namun tren positif ini tertekan karena tingginya laju inflasi dan kekalahan teknologi global merobohkan kekayaan gabungan 50 orang terkaya Singapura.

Baca Juga: Surya Darmadi Orang Terkaya yang Kini Menjadi Koruptor Terbesar di Indonesia

Kekayaan Pendiri dan Ketua Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, Li Xiting menyusut hampir sepertiga menjadi USD15,6 miliar. Meski demikian dirinya masih mempertahankan posisi sebagai orang terkaya di Singapura.

Saham pembuat perangkat medis miliknya turun karena pertumbuhan penjualan yang lebih lambat.

Selanjutnya, pemulihan properti dan informasi baru tentang kepemilikan real estat mereka mendorong saudara Robert dan Philip Ng ke posisi kedua orang terkaya Singapura dengan harta USD15,2 miliar.

Baca Juga: Ini 5 Sumber Kekayaan Roger Danuarta

Kekayaan taipan cat berusia 95 tahun Goh Cheng Liang, yang mengendalikan Nippon Paint Holdings Jepang dan merupakan orang tertua dalam daftar, turun 30% menjadi USD13 miliar. Meski demikian dirinya masih menjadi orang terkaya ketiga di Singapura.

Penjualan teknologi lebih dari separuh kekayaan bersih pendiri Facebook (sejak berganti nama menjadi Meta Platforms) Eduardo Saverin menjadi USD9,6 miliar. Dengan harta sebesar itu, dirinya tergelincir dua tempat ke posisi orang terkaya keempat di Singapura.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kemudian perusahaan game yang terdaftar di New York, Sea, sahamnya anjlok karena meningkatnya kerugian di cabang e-commerce. Hal ini mengikis kekayaan tiga pendirinya, Forrest Li, Gang Ye, dan David Chen masing-masing lebih dari 70% atau menjadi penurunan terbesar dalam persentase.

Penurunan tajam ini jauh melebihi kenaikan kekayaan bersih yang dicatat oleh lebih dari setengah anggota daftar. Terkemuka dalam grup ini adalah Min-Liang Tan, pendiri Razer, yang diuntungkan dengan menjadikan perusahaan perangkat gamenya pribadi. Pemulihan sektor perhotelan membawa pengusaha hotel Michael Kum dari M&L Hospitality kembali ke peringkat setelah jeda satu tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini