Share

Usai BBM, Kini Harga Pupuk Bakal Naik

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 27 September 2022 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 320 2675745 usai-bbm-kini-harga-pupuk-bakal-naik-cXcuLpW2UL.jpg Pupuk Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengungkapkan saat ini industri pupuk di Tanah Air tengah menghadapi tantangan yang cukup berat.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia ,menyebut kalau ini karena konflik yang terjadi antara Rusia - Ukraina.

Sehingga menyebabkan rantai pasok bahan baku strategis untuk pupuk mengalami kendala. Terutama untuk pupuk NPK.

 BACA JUGA:Mentan Beberkan Alasan RI Subsidi Pupuk Urea dan NPK

"Tentu industri pupuk saat ini ada beberapa tantangan, seperti pasokan bahan baku karena pasar komoditas dunia, dan konflik di Ukraina dan Rusia yang menyebabkan suplai bahan baku strategis untuk pupuk NPK itu tersendat," kata Ruky dalam Market Review IDX Channel, Selasa (27/9/2022).

Disamping itu Ruky menjelaskan saat ini juga terjadi kenaikan pada harga gas dan peningkatan biaya transportasi pasca pemerintah menaikan harga BBM.

Tentu itu juga bakal mendongkrak harga pupuk itu sendiri.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Harga gas dan harga transportasi yang sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, harga bahan baku NPK meningkat 4 kali lipat," ucap Ruky.

Sebagai produsen pupuk pelat merah, Ruky menjelaskan pihaknya bakal melakukan efisiensi untuk menahan harga pupuk agar tidak naik kembali meski tantangannya cukup berat.

"Kami berusaha sebagai produsen pupuk untuk melakukan efisiensi dan menahan harga pupuk Indonesia dibawah harga pasar Internasional," jelas Ruky.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan strategic partnership dengan para pemasok bahan baku untuk memastikan pasokan tidak tersendat atau mengalami kendala.

Sehingga ketersediaan pupuk tahun ini dan tahun depan dapat dipastikan aman.

"Kami sudah melakukan strategic partnership dengan beberapa pemasok bahan baku pupuk NPK untuk memastikan ketersediaan tahun ini dan tahun depan, ini adalah komitmen kami untuk sektor pertanian di Indonesia dengan menyediakan harga pupuk terjangkau tetapi tetap tersedia," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini