Share

Pertamina dan Lemigas Jamin Pertalite Berkualitas RON 90, Bukan 86

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Selasa 11 Oktober 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 320 2684917 pertamina-dan-lemigas-jamin-pertalite-berkualitas-ron-90-bukan-86-Uo1imo0RVx.jfif Pertamina Pastikan Pertalite RON 90 Bukan 86. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - PT Pertamina dan Lemigas telah menyelesaikan hasil uji laboratorium BBM jenis Pertalite. Hasilnya kualitas BBM Pertalite sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan pemerintah.

Di mana sesifikasi Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia merujuk Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Baca Juga: Heboh Pertalite RON 86, Pertamina Beri Penjelasan Lengkap

Pertamina juga melakukan rutin uji sampel BBM termasuk pertalite. Hasilnya, kualitas BBM Pertalite telah teruji sesuai spesifikasi yang ditetapkan, serta tidak mengalami perubahan warna dan tidak berkurang.

"Pertalite yang sudah kita simpan sampelnya satu tahun lebih warnanya tidak berubah memang ada warna kehijauan seperti itu jadi itu contoh sampelnya yang sesuai warnanya. Kami tegaskan juga bahwa warna itu tidak berimplikasi terhadap performa atau spesifikasi dari BBM itu sendiri," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: Viralnya Hasil Uji Pertalite RON 90 Ternyata 86 hingga Penjelasan Pertamina

Pertamina pun menjamin oktan Pertalite 90 sesuai dengan aturan pemerintah. Pengujian kadar oktan BBM dilakukan menggunakan metode standar ASTM RON menggunakan alat yang selalu dikalibrasi.

"Lemigas juga sudah menguji enam sampel Pertalite di SPBU wilayah Jakarta. Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri," papar Irto.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Irto menyampaikan pengujian kualitas Pertalite memang tidak hanya dilakukan Pertamina. Pemerintah telah meminta Lemigas untuk menguji sampel dari beberapa SPBU di DKI Jakarta, di antaranya, SPBU Lenteng Agung, SPBU di Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter dan SPBU di S. Parman.

Dari pengujian tersebut, kualitas Pertalite dinilai telah memenuhi standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri. Hal ini sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017.

"Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off-spec. Semuanya on-spec," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji.

Sebelumnya, beredar hasil uji lab Pertalite di media sosial ang yang ternyata berkualitas RON 86.

Hal ini bermula dari postingan akun @yo2thok yang menunjukkan sebuah foto alat pengujian Research Octane Number dengan pernyataan "Pertalite RON 90 actual hanya RON 86".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini