Share

Bikin Mati Kutu, Ruang Gerak Mafia Tanah Diperkecil

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Minggu 16 Oktober 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 470 2688130 bikin-mati-kutu-ruang-gerak-mafia-tanah-diperkecil-E96IREdgsR.jpg Mafia Tanah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni mengatakan ruang mafia tanah bisa dipersempit melui peran aktif dukungan masyarakat dengan cara mensertipikatkan bidang tanahnya.

Wamen ATR/BPN itu mencontoh misalnya di kota Surakarta, berdasarkan laporan yang diterima bidang tanah dikota tersebut sudah didaftarkan ke kantor BPN. Raja Juli optimis hal tersebut dapat memperkecil ruang gerak bagi mafia tanah.

"Mendengar laporan Bu Kakantah, saya kira ruang manuver mafia tanah semakin mengecil. Maka kekhawatiran publik di luar sana akan mafia tanah relatif bisa di minimalisir,โ€ kata Raja Juli Antoni pada pernyataan tertulisnya, Minggu (16/10/2022).

Kepala Kantor Pertanahan Kota Surakarta, Tenda Nurdiani juga melaporkan bahwa pihaknya telah melaksanakan Kegiatan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum secara elektronik. Sehingga, dapat memermudah, mempercepat dan dapat dipetanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan pengadaan tanah yang baik.

โ€œKantor kami juga sudah menggunakan sistem pengadaan tanah secara elektronik. Itu artinya kantor pertanahan siap data elektronik, dan kami berkomitmen semua data elektronik terwujud tahun depan,โ€ sambungnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni melakukan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kota Surakarta.

Bukan sekedar mengecek bidang tanah yang telah terdaftar, Raja Juli Antoni juga sekaligus meninjau inovasi pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Surakarta, di antaranya Layanan Tanpa Turun (LANTARU) yang melayani pengambilan sertipikat dan penyerahan dokumen pendaftaran tanah elektronik di atas kendaraan.

Selain itu, Wamen ATR/Waka BPN juga meninjau Layanan Tanpa Lama (LANTALA) yang dapat memangkas waktu permohonan pelayanan pertanahan.

Jenis layanan dalam LANTALA, antara lain Pelayanan Pendaftaran Hapusnya Hak Tanggungan/Roya, Pelayanan Peralihan Hak Jual Beli, Pelayanan Peralihan Hak Akta Pembagian Hak Bersama (APHB), Pelayanan Peralihan Hak Hibah, dan Pelayanan Peralihan Hak Warisan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini