Share

Menkop Akui Indonesia Kuat di Market tapi Lemah di Produksi

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 25 Oktober 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 320 2694012 menkop-akui-indonesia-kuar-di-market-tapi-lemah-di-produksi-PlentyZ17S.JPG Menkop UKM Teten Masduki (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan bahwa Indonesia saat ini kuat pada market namun masih lemah dalam sisi produksi.

Menurutnya, meskipun 20,2 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah terhubung ke ekosistem digital, tapi yang dijual kebanyakan adalah produk impor.

"Ini catatan kita, kita kuat di market, tapi lemah di produksi. Ini catatan bagi perbankan supaya lebih berani membiayai sektor produksinya, tidak cukup warungnya saja," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara B20 Digital ID Workshop: Scaling Trust in the Digital World dikutip, Selasa (25/10/2022).

Dia menjelaskan sekarang sudah banyak aplikasi digital yang menghubungkan ke market lokal maupun internasional namun masih kurang mengurusi di sisi produksinya.

"Digitalisasi tentu membantu UMKM dalam meningkatkan daya saing, mengembangkan usaha dan menjadi pondasi bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekonominya," tandasnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti diketahui, sebanyak 20,2 juta UMKM saat ini sudah terhubung pada ekosistem digital. Sedangkan, sebanyak 1,6 juta produk UMKM sudah on boarding di e-catalog belanja pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini