Share

Indonesia Punya PLTS Terapung Pertama di Bali, Begini Penampakannya

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Minggu 13 November 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 320 2706406 indonesia-punya-plts-terapung-pertama-di-bali-begini-penampakannya-JcH3pjDcsd.jpg PLTS Terapung di Waduk Muara Bali. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya terapung pertama di Indonesia diresmikan di Waduk Muara, Bali. Hal tersebut dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Pembangunan PLTS dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi tampungan air di Waduk Muara yang dibangun. Meski tidak disebutkan jelas total listrik yang dihasilkan, pembangunan PLTS Apung ini merupakan upaya pengurangan dampak perubahan iklim dan transisi energi terbarukan yang sejalan dengan salah satu isu global pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca Juga: PLTS Terbesar di Dunia Akan Dibangun di KEK Karimun Kepri

"Saat ini, kita menyaksikan pembangunan PLTS terapung yang pertama di Indonesia dan ini akan kita jadikan showcase pada KTT G20,” ujar Menko Luhut, Minggu (12/11/2022).

Di samping menjadi locus kegiatan PT PLN (Persero) membangun PLTS di kawasan Waduk Muara Nusa Dua, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, adanya instalasi PLTS Apung tersebut tidak bakal mengganggu fungsi utama utama bendungan sebagai sumber penyedia air baku.

Baca Juga: Resmikan PLTS di Bali, Menko Luhut: Menuju Energi Bersih

“Waduk Muara Nusa Dua berperan penting dalam memasok air baku pada kawasan pariwisata utama di Bali, seperti kawasan Kuta, Benoa, Nusa Dua dan sekitar Bandara I Ngurah Rai,” sambung Menteri Basuki.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Rehabilitasi Waduk Muara dirancang untuk dapat meningkatkan suplai air baku untuk PDAM Kabupaten Badung sebesar 500 liter/detik atau meningkat 200 liter/detik dari pasokan sebelumnya.

Selain mengoptimalkan fungsi Waduk Muara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menata kawasan Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai yang akan menjadi venue showcase konservasi mangrove untuk tamu-tamu negara KTT G20. Penataan sendiri telah selesai 100% 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini