Share

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023, Luhut Undang Presiden Xi Jinping untuk Peresmian

Heri Purnomo, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 320 2708942 kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-2023-luhut-undang-presiden-xi-jinping-untuk-peresmian-w7HnIsqRgJ.jpg Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Okezone.com/Antara)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengundang Presiden China Xi Jinping untuk meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Adapun target peresmian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilaksanakan pada pertengahan 2023.

Dia menekankan, hal ini harus rampung sesuai target dan tidak boleh ada kemunduran peresmiannya.

"Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Dan itu merupakan tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini," tegas Luhut, Rbau (16/11/2022).

Baca Juga: Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dapat Beroperasi Juni 2023

Hal itu disampaikan di depan Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping dalam acara Pertemuan Bilateral Republik Indonesia dengan China, sekaligus menyaksikan G20 Showcase Kereta Cepat Jakarta-Bandung melalui virtual di Bali, (16/11/2022).

Dalam paparannya, Luhut meminta kepada Presiden China Xi Jinping untuk menghadiri peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Kecepatan 80 Km/Jam

"Kami mengaharapkan Presiden Xi Jinping bisa menghadiri peresmian operasi KCJB pada pertengahan tahun depan bersama dengan presiden jokowi," katanya.

Sementara itu, Luhut mengatakan bahwa sampai dengan saat ini progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 80,40 persen.

"Presiden izinkaan saya melaporkan progres pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mencapai 80,40%," katanya.

Menurut Luhut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan salah satu proyek utama yang menjadi landmark kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, proyek KCJB juga merupakan batu loncatan dalam kerjasama lainya

"Selain itu, Proyek KCJB ini telah menjadi batu loncatan untuk proyek kerja sama Indonesia dan Tiongkok seperti kawasan industri hijau di Kalimantan Utara," katanya.

Untuk diketahui, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang lintasan 142,3 kilometer di mana pada perjalanannya akan ada 4 stasiun, yaitu stasiun halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Sementara melewati 9 kabupaten/kota.

Sedangkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mempersingkat perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya 40 menit saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini