Share

Canda Menhub Sebut Moeldoko Punya Perusahaan Bus Listrik

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Minggu 20 November 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 20 320 2711197 canda-menhub-sebut-moeldoko-punya-perusahaan-bus-listrik-rql9hnkMRn.png Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi candaan kepada Staf Kepresidenan, Moeldoko terkaitl PT Mobil Anak Bangsa (MAB), perusahaan perakit bus listrik milik mantan Jenderal TNI itu.

Candaan itu ketika Budi bertanya kepada Menteri ESDM Arifin Tafsir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Harto, dan Moeldoko ihwal kepemilikan kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (EV).

Giliran pertanyaan dilontarkan ke Moeldoko, Budi lantas menimpali bahwa sang mantan Jenderal TNI itu tak perlu lagi membeli kendaraan listrik lantaran sudah mempunyai pabrik sendiri.

"Pak Heru harus beli, bapak (Arifin Tafsir) uda beli beli? Nah, kalau Pak Moeldoko sih sudah punya pabriknya dia," Seloroh Budi, usai melakukan konvoi sepeda motor listrik di kawasan Bundaran HI, Minggu (20/11/2022).

Moeldoko sebelumnya menyampaikan bila Indonesia perlu memproduksi bus berpenggerak listrik agar tidak tertinggal dari negara lain. Dia mengatakan sejak 2012 lalu dirinya sudah memikirkan potensi untuk armada transportasi umum di Indonesia berbasis listrik.

Karena itu, beberapa tahun setelahnya dua bersama mitranya mempelajari produksi baterai mobil listrik, kemudian beberapa kali mengirimkan tim ke Shanghai.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Moeldoko lalu menginisiasi berdirinya perusahaan bernama Mobil Anak Bangsa untuk merakit bus listrik, dengan harapan bisa menyediakan kebutuhan transportasi ramah lingkungan di masa depan.

Meski sudah memiliki berbagai kendaraan bus listrik dan juga minibus, PT MAB baru menggunakan komponen lokal sebanyak 40 persen. Moeldoko berkeyakinan komponen lokal mereka akan meningkat apabila pabrik baterai listrik sudah tersedia di Indonesia.

Mengacu website resmi, PT MAB sudah memiliki berbagai macam kendaraan di antaranya adalah City Bus, Inter City Bus, Electric Mini Van dan project selanjutnya akan ada juga E-Motor Bike.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini