Share

Stok Beras di RI Cukup, Wapres: Impor Itu Kalau Kurang

Binti Mufarida, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 320 2720831 stok-beras-di-ri-cukup-wapres-impor-itu-kalau-kurang-kOlTrAl8y8.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan menjaga stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) aman dengan mengupayakan sejumlah langkah-langkah. Seperti melakukan upaya intensifikasi pertanian sehingga tidak terjadi kelangkaan pangan terutama beras.

“Ya kita memang sudah mengantisipasi untuk melakukan berbagai upaya-upaya terutama masalah beras serta kebutuhan yang lainnya dan melalui upaya intensifikasi,” ungkap Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Bahkan, Wapres mengatakan saat dirinya melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan untuk memerintahkan pemerintah melakukan intensifikasi pertanian. Sehingga, dengan upaya itu akan menaikkan hasil tanam salah satunya beras.

“Kemarin di Sulawesi Selatan juga saya meminta apa yang sudah dilakukan (Pemda) dan mereka melakukan intensifikasi berbagai hal, baik dari bibit, pengelolaan tanah, dan ternyata naik 250.000 ton tahun ini,” kata Wapres.

Meskipun, kata Wapres, intensifikasi pertanian ini tidak semua daerah berhasil dilaksanakan. “Jadi ini ada di daerah-daerah yang lain dan mungkin juga yang tidak berhasil,” katanya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Wapres mengatakan dari laporan yang dia terima diperkirakan stok beras di Indonesia masih cukup. “Menurut laporan memang diperkirakan memang terpenuhi, tetapi memang mungkin ada panen-panen yang kebanjiran di beberapa daerah, karena itu sekarang ini stok beras sedang ditinjau dan dihitung kembali kecukupannya,” katanya.

Namun, tambah Wapres jika dilakukan impor itu sifatnya jika terjadi kekurangan stok. “Kalaupun masalah impor itu sifatnya antisipatif, apabila kurang maka impor, tetapi bila cukup maka tidak jadi impor. Jadi itu sifatnya kalau ada kekurangan,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini