Share

Koperasi Resmi Diizinkan Garap 1.600 Jenis Usaha dalam KBLI, Apa Saja?

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 320 2722357 koperasi-resmi-diizinkan-garap-1-600-jenis-usaha-dalam-kbli-apa-saja-mU7isGCSFF.JPG Koperasi diizinkan garap 1.600 jenis usaha dalam KBLI. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pemerintah tengah menggarap Rancangan Undang-Undang Perkoperasian untuk melakukan reformasi terhadap iklim koperasi di Indonesia.

Salah satu ketentuan baru yang dimasukkan, koperasi bukan hanya punya 5 jenis usaha seperti yang ada saat ini seperti simpan pinjam, konsumsi, produksi, jasa dan pemasaran.

Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM Ahmad Zabadi menjelaskan, ke depan koperasi bakal diperbolehkan untuk menggarap potensi seluruh jenis usaha yang terdapat di KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

"Jenis usaha, jenis usaha selama ini ada lima, simpan pinjam, konsumsi, produksi, jasa dan pemasaran. Ke depan ketentuan tersebut kita ubah, di mana koperasi dapat menjalankan seluruh lapangan usaha sesuai dengan KBLI," ujarnya di Jakarta Selasa Malam, (6/12/2022).

 BACA JUGA:Ini Koperasi yang Bakal Diawasi dan Diatur OJK di RUU PPSK

KBLI sendiri merupakan pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.

"Saat ini paling tidak ada 1600an KBLI yang dapat dipilih oleh berbagai pelaku usaha di tanah air," sambungnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Secara sektoral, KBLI menyangkut jenis usaha seperti Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Pertambangan dan Penggalian, Industri Pengolahan, Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas Dan Udara Dingin, Treatment Air, Treatment Air Limbah, Treatment dan Pemulihan Material Sampah, dan Aktivitas Remediasi.

Selain itu juga terdapat bidang Konstruksi, Perdagangan Besar Dan Eceran, Reparasi Dan Perawatan Mobil Dan Sepeda Motor, Pengangkutan dan Pergudangan, Penyediaan Akomodasi Dan Penyediaan Makan Minum, Informasi Dan Komunikasi, Aktivitas Keuangan dan Asuransi, Real Estate, Aktivitas Profesional, Ilmiah Dan Teknis.

Ada juga untuk izin Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya, Administrasi Pemerintahan, Pertahanan Dan Jaminan Sosial Wajib, Pendidikan, Aktivitas Kesehatan Manusia Dan Aktivitas Sosial, Kesenian, Hiburan Dan Rekreasi, Aktivitas Jasa Lainnya

Selain itu untuk jenis usaha Aktivitas Rumah Tangga Sebagai Pemberi Kerja, Aktivitas Yang Menghasilkan Barang Dan Jasa Oleh Rumah Tangga yang Digunakan untuk Memenuhi Kebutuhan Sendiri serta Aktivitas Badan Internasional Dan Badan Ekstra Internasional Lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini