Share

Dulu Tak Mampu Beli Baju, Pria Ini Jadi Pengusaha Baju Terkenal dan Punya Harta Rp109 Triliun

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Selasa 13 Desember 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 13 455 2725988 dulu-tak-mampu-beli-baju-pria-ini-jadi-pengusaha-baju-terkenal-dan-punya-harta-rp109-triliun-ms9cBSC1Nn.jpg Pengusaha Baju Terkenal (Foto: MNC Media)

JAKARTA – Melihat kisah pemilik brand Polo yakni Ralph Lauren yang telah mendunia. Sebelum sukses, Ralph menghadapi banyak tantangan.

Forbes mencatat harta kekayaanya bisa mencapai USD7 miliar atau setara dengan Rp109 triliun (kurs Rp15.600).

Dia terlahir miskin dan harus merasakan derita sampai kesulitan untuk membeli baju. Ralph merasa sangat muak dengan kemiskinan yang menimpanya, dia terus pergi ke bioskop dan menghayal hidup di dalam film.

Bermacam profesi dijajalnya, mulai dari menjadi seorang tentara sampai menjadi petugas toko pakaian Brooks Brother di New York.

Produk polo ini lahir karena Ralph terinspirasi saat dia mendatangi pertandingan olahraga polo. Saat itu dirinya berencana membuat usaha yakni mengembangkan merek kelas atas.

Dengan berbekal ijazah diploma dan didukung dengan sedikit pengalaman bisnis, ia memiliki tekat dan niat yang kuat untuk memutuskan menjalankan bisnisnya sendiri. Tentu dirinya tahu akan risiko yang akan dirinya hadapi.

Follow Berita Okezone di Google News

Saat iu dirinya membuat desain yang sangat berbeda, dimana ia membuat baju dengan kerah yang berwarna-warni dan hal ini dinilai aneh serta sangat melawan arus. Namun siapa sangka dengan rancangan desain tersebut, dalam jangka waktu satu tahun dirinya mampu meraup banyak pelanggan.

Ralph mendapat keuntungan sebesar USD500.000 dari penjualannya. Namun dirinya tidaklah puas dengan pencapaiannya itu, ia terus menekuni bisnisnya ini dan tidak akan pernah berhenti mengembangkan sayap bisnisnya ini.

Sampai pada 1997, ia melakukan penawaran perdana saham ke publik atau Initial Public Offering (IPO). Sebagai seorang CEO, dirinya masih memegang kendali dengan kepemilikan saham sebesar 81,5%.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini