Share

Cuaca Buruk, Distribusi BBM ke Karimunjawa Pakai Kapal Perang

Clara Amelia, Okezone · Rabu 04 Januari 2023 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 04 320 2740192 cuaca-buruk-distribusi-bbm-ke-karimunjawa-pakai-kapal-perang-TjhNddoA0n.jpg Gubernur Jateng Ganjar Cek Kapal TNI AL yang Akan Kirim BBM ke Karimunjawa. (Foto: Okezone.com/Jateng)

JAKARTA - Kapal perang TNI AL digunakan untuk mendistribusikan logistik hingga Bahan Bakar Minyak (BBM) Karimunjawa. Cuaca buruk membuat salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah itu terhambat dan sejumlah kebutuhan masyarakat di Karimunjawa juga berkurang.

Diketahui juga bahwa kapal biasa atau kapal penumpang pun tidak bisa menuju Karimunjawa untuk menghindari cuaca buruk yang membahayakan. Hanya kapal tanker yang memungkinkan untuk menyeberang ke Karimunjawa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengecek kapal KRI Makassar milik TNI AL yang akan berangkat ke Karimunjawa untuk mengangkut BBM di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Baca Juga: Gelombang Laut Tinggi, Ratusan Wisatawan Tejebak di Karimunjawa

"Semua bergantung pada kondisi cuaca, yang bisa menerobos hanya kapal besar. Angkatan Laut menyampaikan ada KRI yang bisa membantu, bisa loading dengan cara yang tidak biasa. Pertamina biasanya pakai kapal khusus, hari ini beberapa truk loading BBM dulu di sini baru dibawa ke sana (Karimunjawa)," kata Ganjar, Rabu (4/1/2022).

Adapun bantuan BBM dari Pertamina yang akan dibawa ke Karimunjawa menggunakan KRI Makassar yakni Pertalite 30 kiloliter, Biosolar 65 kiloliter, Dexlite 5 kiloliter. Bantuan itu untuk menyuplai ketersediaan BBM di Karimunjawa yang hanya cukup untuk dua hari ke depan.

Baca Juga: Gelombang Tinggi, 356 Wisatawan Terjebak di Karimunjawa, Termasuk 40 WNA

Selain itu, Pemprov Jawa Tengah juga mengirimkan bantuan beras sebanyak 7 ton,  genset statis 5 unit dan genset crane 2 unit, serta bantuan BPBD Jawa Tengah berupa sembako sebanyak 400 paket sembako.

"Rencana Pertamina akan mengirimkan BBM Pertalite 30 kiloliter, terus Biosolar 65 kiloliter, Dexlite 5 kiloliter. Lalu ada beras 7 ton dari Pemprov Jateng, genset statis 5 unit, genset crane ada 2 unit dari PLN dan 400 paket sembako dari BPBD. Ini sementara yang akan dibawa," jelas Ganjar.

Follow Berita Okezone di Google News

Ganjar menyebutkan, bantuan yang dikirimkan ke Karimunjawa adalah bentuk kesigapan pemerintah dalam menangani masalah kebencanaan di Jawa Tengah beberapa hari terakhir.

Jika memungkinkan, Ganjar akan meminta TNI AL untuk tinggal selama beberapa hari di Karimunjawa untuk menyuplai bantuan secara berkala, namun dengan tetap mempertimbangkan kondisi cuaca yang terjadi.

"Ini bagian dari cara kita menyelesaikan di remote area dengan cuaca seperti ini. Kalau perlu nanti saya minta ke KASAL ini bisa stay, sehingga hari berikutnya bisa dikirim lagi sampai akhir bulan karena perhitungan BMKG pertengahan bulan rob-nya tinggi," kata Ganjar.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini