Share

Bos Google Buka-bukaan soal PHK 12.000 Karyawan

Clara Amelia, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2752089 bos-google-buka-bukaan-soal-phk-12-000-karyawan-5ZPLlHdeiS.JPG Ilustrasi google. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Google dilaporkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terbesarnya dalam 25 tahun sejarah perusahaan.

Adapun para eksekutif akhirnya menjawab pertanyaan dari karyawan soal PHK tersebut.

Dilansir dari CNBC, Selasa (24/1/2023), CEO Google Sundar Pichai yang memimpin pertemuan di seluruh perusahaan, memberi tahu karyawan bahwa dalam hal ini bonus untuk para eksekutif akan dipotong.

Selain mencoba menjelaskan alasan karyawan dikeluarkan dari sistem internal tanpa peringatan, Sundar Pichai juga memohon kepada staf untuk tetap termotivasi.

 BACA JUGA:Beralih ke Mobil Listrik, Ford Bakal PHK 3.200 Pekerja

Sebelumnya diketahui bahwa Google telah melakukan PHK 12.000 karyawan atau 6% dari tenaga kerja penuh waktu.

Sementara karyawan bersiap untuk kemungkinan PHK, mereka juga menuntut jawaban mengenai kriteria yang digunakan dalam menentukan siapa yang tetap bekerja dan siapa yang akan kehilangan pekerjaannya.

Hal ini dikarenakan, beberapa karyawan terdapak PHK memiliki masa kerja yang lama dan baru saja dipromosikan.

Adapun Pichai memberikan beberapa penjelasan mengenai bagaimana dia dan tim eksekutif dalam membuat keputusan PHK karyawan.

Pichai mengatakan dia berkonsultasi dengan para pendiri dan pemegang saham pengendali, Sergey Brin dan Larry Page serta dewan direksi.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Eksekutif menyebutkan, 750 pemimpin senior terlibat dalam proses PHK.

“Kami memiliki lebih dari 30.000 manajer di Google dan untuk berkonsultasi dengan mereka semua akan menjadikan ini sebagai proses terbuka yang akan memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk mengambil keputusan,” kata Chief People Officer Google Fiona Cicconi dalam pertemuan tersebut.

Mengenai kriteria PHK, Cicconi membeberkan bahwa para eksekutif melihat area di mana pekerjaan itu diperlukan.

Namun perusahaan memiliki terlalu banyak orang serta tempat di mana pekerjaan itu sendiri tidak begitu penting.

Cicconi menuturkan, perusahaan mempertimbangkan keterampilan, pengalaman, indikator produktivitas seperti riwayat kinerja.

Pichai mengindikasikan akan ada pemotongan kompensasi eksekutif.

Dia mengatakan semua wakil presiden senior akan melihat pengurangan yang sangat signifikan dalam bonus tahunan mereka tahun ini.

“Semakin senior Anda, semakin banyak kompensasi Anda terkait dengan kinerja,” katanya.

Sebelum PHK, Google telah membuat keputusan untuk membayar 80% bonus bulan ini dan sisanya akan dibayar pada bulan Maret atau April.

Diketahui, pada tahun-tahun sebelumnya, bonus penuh dibayarkan pada bulan Januari.

Google mempunyai forum internal perusahaan bernama Dory yang bisa digunakan karyawan untuk mengunggah pertanyaan serta komentar.

Menanggapi komentar teratas dalam forum pada hari Senin berisikan tentang seputar PHK ini, Wakil Presiden Senior Perangkat dan Layanan Google, Rick Osterloh mengatakan bahwa perusahaan sengaja tidak membagikannya dengan alasan menghormati privasi orang.

“Kami tahu ini bisa membuat frustasi orang-orang (karyawan) yang masih di sini,” kata Osterloh.

“Tapi kehilangan pekerjaan tanpa ada pilihan di dalamnya sangat sulit dan sangat pribadi dan banyak orang tidak ingin namanya tercantum dalam daftar yang dibagikan kepada semua orang,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini