Share

Minta Surplus Beras Jangan Hanya Angka, Wapres: Produksi Harus Meningkat

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 320 2752558 minta-surplus-beras-jangan-hanya-angka-wapres-produksi-harus-meningkat-mPyZQ9ChIu.JPG

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar surplus beras di Indonesia tidak hanya angka saja, namun juga produksinya juga meningkat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) setiap tahun produksi beras surplus setiap tahun.

“Produksi beras misalnya, berdasarkan data BPS, memang selalu surplus setiap tahun,” kata Wapres pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Namun, Wapres mengatakan perlu menjadi perhatian bahwa jumlah surplus beras cenderung menurun dari tahun ke tahun, dari 4,37 juta ton pada 2018 menjadi 1,74 juta ton pada 2022.

 BACA JUGA:Bulog: 300 Ribu Ton Beras Impor Tiba Minggu Ini

“Saya minta fokus kita agar jangan hanya pada surplus-nya saja, tetapi juga pada besaran angkanya. Harapannya jumlah surplus terus meningkat dari tahun ke tahun. Artinya produksi beras juga meningkat dari tahun ke tahun,” tegas Wapres.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karena itu, Wapres meminta agar sektor pertanian semakin kuat dan mampu menjadi pengendali inflasi untuk hadapi krisis pangan dunia.

“Saya ingin sampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian kita bersama. Utamanya agar sektor pertanian semakin kuat serta mampu menjadi pengendali inflasi guna menghadapi krisis pangan dunia,” tegas Wapres.

Wapres pun mengingatkan Kementerian Pertanian (Kementan) agar mengidentifikasi komoditas pangan yang tepat dalam menghadapi krisis pangan dunia.

“Serta fokus mendorong pengembangannya, termasuk penetapan target produksi dan lokasinya,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini