Share

Suku Bunga Murah Bukan Faktor Utama Pertumbuhan Kredit

Anggie Ariesta, MNC Portal · Kamis 26 Januari 2023 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 320 2753374 dirut-bri-kenaikan-suku-bunga-bukan-faktor-utama-pertumbuhan-kredit-zFU5zVpCr0.jpg Bank BRI (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau (BRI) mencatat suku bunga kredit bukan faktor utama yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kredit.

Direktur Utama BRI, Sunarso menyatakan bahwa untuk mendorong pertumbuhan kredit ternyata suku bunga murah bukan faktor penentu pertumbuhan penyaluran kredit.

"Kalau begitu apa yang paling mendorong? Model kredit total ditemukan bahwa pertumbuhan ekonomi dan kondisi likuiditas justru memiliki pengaruh penting besar terhadap pertumbuhan kredit dibandingkan dengan penetapan suku bunga murah," ungkap Sunarso dalam BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

Sedangkan dari model kredit menurut segmen, ditemukan bahwa variabel yang mungkin sensitif dengan elastisitas paling tinggi adalah pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

Sunarso lantas menegaskan kembali penetapan suku bunga naik atau turun ternyata tidak signifikan pengaruhnya terhadap loan growth.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan kredit adalah tingkat konsumsi rumah tangga dan penguatan daya beli masyarakat yang punya pengaruh terhadap GDP growth.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini