nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Berhasil atau Tidak Masyarakat Desa Pasti ke Kota

Hendra Kusuma, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2015 10:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 24 320 1123349 jk-berhasil-atau-tidak-masyarakat-desa-pasti-ke-kota-3FpGhlZ6JI.jpg JK: Berhasil atau Tidak Masyarakat Desa Pasti ke Kota (Jusuf Kalla: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyebutkan, peran Kota terhadap perekonomian masyarakat secara langsung sangat memberikan pengaruh yang besar. Kepadatan suatu desa juga tidak memberikan kehidupan yang lebih dibandingkan kota.

"Mau berhasil atau tidak pasti akan ke kota apalagi seperti di Jawa. Setiap 0,4 hektare tanahnya hanya bisa dihidupi dua sampai tiga orang. Kalau jumlah keluarganya lima, pasti dua orangnya akan pergi," kata Wapres saat acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (24/3/2015).

JK menyampaikan, urbanisasi pasti akan terjadi baik saat ini maupun beberapa waktu ke depan, sebab tereintegrasinya kota satu dengan kota yang lain menjadi fungsi yang memberikan kehidupan.

Menutur JK, kenyamanan dan keamanan bahkan suatu kota dapat dinilai sebagai kota cerdas adalah dapat dilihat dari penghargaan Adipura yang diraihnya.

"Solusi di mana terjadi akan selalu digambarkan bahwa kota memberikan lingkungan nyaman, kota yang dinikmati semua orang, Adipura sudah menjadi ukuran dan kebanggaan suatu kota," tambahnya.

Selain itu, sambung JK, suatu kota juga harus memiliki daya tarik yang menarik untuk kelangsungan industri dan juga perdagangan yang tentu memberikan dampak baik bagi perekonomian.

"Di samping indeks kota cerdas, suatu kota yang cerdas juga membutuhkan energi untuk industri yang ada," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini