Share

Menperin: Industri Pulp dan Kertas Punya Peluang Berkembang

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 19 320 1518920 menperin-industri-pulp-dan-kertas-punya-peluang-berkembang-abjwKG7e5d.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, industri pulp and paper memiliki peluang untuk tumbuh. Pertumbuhan industri ini memang sempat negatif pada 2012 dan 2013.

Namun, kata Airlangga kini industri pulp and paper mulai bangkit dan bertumbuh. Tercatat mulai tahun 2014 pertumbuhan industri ini terus membaik.

"Sebagai salah satu industri prioritas, saya mengharapkan bisa tumbuh lebih baik ke depannya, pengusaha perlu bersinergi lebih kuat untuk menghadapi tantangan ini," kata dia di Kemayoran, Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, salah satu pendorong industri ini tumbuh adalah melimpahnya bahan baku di dalam negeri. Di tambah lagi iklim tropis membuat tanaman lebih cepat tumbuh.

"Industri ini punya peluang terbuka karena punya bahan baku yang tersedia, selain itu iklim tropis juga memungkinkan tanaman tumbuh lebih cepat," tambah dia.

Pertumbuhan pasar ekspor dunia yang tumbuh setiap tahunnya juga menjadi peluang bagi Indonesia.

"Dibanding Malaysia dan Korea kita masih punya peluang kembangkan industri ini, kegiatan ekonomi juga membutuhkan kertas, di samping itu pasar ekspor tumbuh 2% per tahun jadi pasar yang bisa di isi Indonesia," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini