nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hore! Peringkat RI Naik dalam Daftar Negara Paling Kompetitif di Dunia

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 12:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 05 320 1707741 hore-peringkat-ri-naik-dalam-daftar-negara-paling-kompetitif-di-dunia-yiqRjn8ju3.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia pada tahun ini terus mencatatkan prestasi. Setelah mendapatkan peringkat layak investasi dari ketiga lembaga pemeringkat internasional, kali ini Indonesia mencatatkan perbaikan peringkat sebagai negara paling kompetitif di dunia pada 2017 ke posisi 42 dari tahun sebelumnya di posisi 48.

Dalam laporan The IMD World Competitiveness, yang dikeluarkan kelompok riset sekolah bisnis atau Institut for Management Development (IMD) di Swiss, mereka menerbitkan peringkat negara paling kompetitif di dunia setiap tahun sejak 1989.

Adapun di atas Indonesia, yakni peringkat 41 ditempati Filipina, sementara di posisi 43 dipegang Slovenia. Indonesia bahkan mengalahkan India yang berada di posisi 45.

Melansir dari laman Forbes, Senin (5/6/2017), kompilasi laporan ini menggunakan 260 indikator. Sekitar dua pertiga di antaranya berasal dari data seperti statistik ketenagakerjaan dan perdagangan nasional maupun aspek lainnya.

Ini kemudian dikombinasikan dengan survei pendapat dari sekitar 6.250 eksekutif yang mengukur persepsi bisnis dari isu-isu seperti korupsi, masalah lingkungan, dan kualitas hidup.

Pada tahun ini, sebanyak 63 negara masuk dalam daftar. Adapun Hong Kong menempati posisi teratas sebagai negara dengan perekonomian paling kompetitif selama dua tahun berturut-turut.

Sementara, posisi kedua ditempati Swiss dan Singapura yang menggeser posisi Amerika Serikat (AS) masing-masing di peringkat ketiga dan keempat.

Terpilihnya Hong Kong menduduki peringkat teratas, mengacu pada dua indikator daya saing, yakni efisiensi pemerintah dan efisiensi bisnis. Sementara, Swis terkait dengan sarana infrastruktur dan efisiensi pemerintahan.

Sementara, turunnya posisi AS digantikan Singapura terkait perubahan kepemimpinan di negara tersebut. Dari survei, para eksekutif di AS menunjukkan sentimen negatif terhadap pemerintahannya.

"Dalam kasus AS, saya tidak akan mengatakan ini adalah sentimen negatif mengenai kepresidenan, tapi pasti ada banyak ketidakpastian yang terjadi," kata Direktur World Competitiveness Center Arturo Bris.

Dia mencontohkan indikator seperti proteksionisme, keterbukaan negara terhadap perdagangan, bahkan kohesi sosial yang telah memburuk secara signifikan di AS.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar 10 negara paling kompetitif di dunia:

1. Hong Kong

2. Swiss

3. Singapura

4. Amerika Serikat

5. Belanda

6. Irlandia

7. Denmark

8. Luksemburg

9. Swedia

10. Uni Emirat Arab

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini