nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KRL Commuter Line 8 Rangkaian Dihapus, Cek Daftarnya!

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 06 320 1729804 krl-commuter-line-8-rangkaian-dihapus-cek-daftarnya-NxDu8dG32w.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) akan meniadakan atau menghapus kereta rel listrik (KRL) commuter line delapan rangkaian pada 2018.

Kebijakan ini alternatif dari kepadatan jumlah perjalanan di lintas Jabodetabek. Di sisi lain, peningkatan penumpang terus bertambah. Ketergantungan masyarakat terhadap jasa transportasi massal itu semakin melonjak. Karena itu, untuk memaksimalkan daya angkut, penambahan rangkaian atau gerbong wajib dilakukan.

“Kami lakukan secara bertahap. Beberapa peron mulai dipanjangkan. Mungkin 2018 rangkaian delapan akan diganti dengan rangkaian 10-12,” ujar Vice President Corporate Communication PT KCJ Eva Chairunissa di Hotel Borobudur, Gambir, Jakarta Pusat, kemarin.

Untuk menerapkan 10-12 rangkaian, KCJ telah merampungkan penyesuaian di titik-titik tertentu. Lintas Bogor -Jakarta Kota tidak ada lagi kereta dengan rangkaian delapan. Begitu juga dengan lintas Bekasi-Jakarta dan lintas barat menuju Rangkasbitung maupun sebaliknya. Beberapa lintasan tersebut sudah diperpanjang peronnya sehingga kereta dengan rangkaian 10-12 bisa berhenti. Meski demikian, tak semua lintas kereta di kawasan tersebut terangkai lebih dari delapan gerbong.

Khusus loopline Bogor masih menggunakan rangkaian delapan gerbong, begitu pun dengan Tangerang Kota yang saat ini sedang memasuki tahap perpanjangan peron di Stasiun Poris, Rawa Buaya, dan Pesing.

Untuk lintas barat dari Stasiun Tanah Abang menuju Rangkasbitung, penggunaan formasi 12 rangkaian belum bisa diterapkan lantaran pembangunan masih dilakukan di beberapa stasiun seperti Palmerah, Kebayoran, Jurangmangu, Rawabuntu, Serpong, Cisauk, Parung Panjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Maja, Citeras, serta Rangkasbitung.

Untuk loopline yang belum formasi 12 gerbong, Eva mencatat beberapa stasiun masih dibangun, yakni Pondok Jati, Gang Sentiong, Kampung Bandan, Angke, dan Karet.

Saat ini dari 81 rangkaian yang dimiliki KRL, 18 di antaranya menggunakan formasi 12 gerbong, 34 rangkaian dengan 10 gerbong, 27 rangkaian menggunakan delapan gerbong, serta 2 rangkaian sisa menggunakan formasi empat.

Selain merevitalisasi peron, KCJ juga berupaya mengurangi lalu lintas kepadatan manusia di peron. Pembangunan underpass atau terowongan di enam titik stasiun dalam proses. Keenamnya meliputi Stasiun Tebet, Pondok Ranji, Sudimara, Cilebut, Citayam, dan Bogor.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini