Image

Sempat Bikin Gaduh, Begini Perkembangan Terkini Proyek Blok Masela

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 21:05 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 17 320 1738517 sempat bikin gaduh begini perkembangan terkini proyek blok masela LdDjY6kIkY jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Proyek Blok Masela saat ini masih memasuki desain awal atau Pre Front End Engineering Design (FEED). Desain awal ini masih terus disiapkan oleh Inpex.

Rencana pengembangan Blok Masela sendiri memang sempat menjadi gaduh karena adanya perbedaan pendapat antar dua menteri di tahun 2016. Namun, hal tersebut akhirnya dapat terselesaikan.

"Mereka (Inpex) juga saya rasa sudah menyiapkan segala untuk Pre Feed-nya," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan off taker yang akan membeli gas jika Blok Masela telah berproduksi. Saat ini telah terdapat tiga perusahaan yang menyatakan minatnya.

"Dari sisi pemerintah kita juga sudah menyiapkan off taker (pembeli) yang akan membeli gas yang akan dijadikan petrochemical, pupuk," jelasnya.

Namun, pemerintah tak menutup celah jika adanya perusahaan lainnya yang berminat menjadi off taker. Pekan ini, pertemuan pun akan digelar untuk membahas perusahaan apa saja yang berminat.

"Kemungkinan besar kita akan buka yang lain juga, enggak hanya tiga," ujarnya.

Pelaksanaan Pre Feed ini diharapkan bisa rampung tahun ini. Dengan begitu, diharapkan proyek ini dapat segera rampung dan mampu berproduksi.

"InsyaAllah," ujar Arcandra.

Pada sisi lain, pemerintah juga tengah berupaya untuk menjaga produksi minyak di Indonesia. Diharapkan, baik produksi minyak dan gas dapat terus meningkat sehingga tidak selalu bergantung pada sektor impor.

"Setiap beberapa hari sekali kita update itu produksi minyak berapa. Ada sedikit konstan minyak kita. Ada 800-an ribu (barel per hari) ke atas. Untuk mempertahankan laju seperti tahun lalu, kita harapkan sama, untuk tidak melebihi. Target kita sama saja itu sudah usaha baik kita," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini