nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Belum Pulih, Agus Marto Masih Waspadai Pergerakan Ekonomi Amerika dan India

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 20:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 04 320 1750161 ri-belum-pulih-agus-marto-masih-waspadai-pergerakan-ekonomi-amerika-dan-india-oamlTS4Kuf.jpg Gubernur BI Agus DW Martowardojo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan kredit, Indonesia dinilai perlu menangkap peluang dari membaiknya perekonomian dunia saat ini.

"Ini kondisi yang positif. Kita harapannya kan Indonesia bisa menangkap peluang itu yaitu peluang ekonomi dunia yang sedang membaik," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Namun, agar Indonesia mampu menangkap peluang dari perbaikan ekonomi global saat ini, Agus menilai bahwa Indonesia juga perlu memperkuat fondasi perekonomian dalam negeri. Salah satu yang perlu diperkuat adalah lini bisnis.

"Untuk Indonesia juga memperkuat pemulihan ekonomi kita," paparnya lebih lanjut.

Dengan menangkap peluang yang ada dari eksternal serta memperkuat perbaikan ekonomi Indonesia, menurut Agus, bukan tidak mungkin pertumbuhan kredit Indonesia bisa menyentuh level double digit.

"Secara umum kalau nanti bisnis sudah tumbuh kita bisa merespons ekonomi dunia sekarang ini. Ini akan menciptakan permintaan kredit yang lebih tinggi," jelas Agus.

Namun demikian, Agus menambahkan bahwa upaya global memulihkan perekonomiannya tidak secepat yang diharapkan karena ekonomi beberapa negara mengalami tekanan.

"Kita akan mengetahui bahwa ekonomi dunia masih terus ada pemulihan meski tidak secepat yang kita perkirakan. Kita tahu ada sedikit koreksi bahwa ekonomi di AS dan India sedikit menurun dengan pertumbuhan ekonomi China dan di Eropa," tambahnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini