Image

Jack Ma Punya Alipay, Jokowi: Kita Berkutat dengan Ratusan Laporan, Mabok Semua Dong!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 13:03 WIB
https img o okeinfo net content 2017 09 14 320 1775766 jack ma punya alipay jokowi kita berkutat dengan ratusan laporan mabok semua dong eM19TVl7qa jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Perubahan ekonomi berbasis teknologi kini tengah dialami oleh berbagai negara. Memanfaatkan teknologi, efisiensi pun dapat dicapai, baik dari sisi anggaran maupun dari sisi waktu.

Perubahan ini menjadi salah satu perhatian utama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah atau yang menurut fokus Jokowi adalah perubahan pada sistem pembayaran yang kini telah menggunakan layanan online.

 Baca juga: LPJ Beranak Pinak, Presiden Jokowi: Mau Kerja atau Buat Laporan?

"Coba Elon Musk pakai PayPal, Jack Ma pakai Alipay. Apa sih modalnya, hanya smartphone gawai (gadget), tik tik tik, rampung," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Hanya saja, pemanfaatan teknologi dinilai belum memberikan efisiensi kepada kinerja pemerintah secara keseluruhan. Hal ini terbukti dengan masih sulitnya pengurusan surat pertanggungjawaban hingga ke tingkat daerah.

 Baca juga: Singgung Banyaknya Aturan, Jokowi: Pagar Dibuat Tinggi, tapi Masih Bisa Dilompati!

"Kita masih buat laporan 44 jenis laporan, 108 jenis laporan, mabok semuanya dong kita nanti," ujarnya.

Jokowi meminta kepada seluruh pihak agar dapat mengubah sistem pelaporan SPJ ini. Perubahan diharapkan dapat dilakukan dengan cepat.

 Baca juga: Jokowi Sindir Habis-habisan Ruwetnya LPJ: Laporan Bertumpuk-tumpuk, Apa Dibaca?

"Betul-betul kita rombak semuanya, harus berani sehingga semakin cepat geraknya, semakin cepat memutuskan dan tidak terjebak pada laporan," ujarnya.

Seperti diketahui, selain menyinggung tentang sulitnya pembuatan laporan pertanggungjawaban, Jokowi juga memberikan penghargaan pada hari pada sejumlah kepala daerah dan pimpinan lembaga. Penghargaan ini diberikan kepada penerima opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap laporan keuangan dari BPK dalam lima tahun berturut-turut dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) terbesar. Penghargaan tersebut diberikan kepada:

1. Ketua MA Muhammad Hatta Ali.

2. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

3. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

4. Wali Kota Depok Mohammad Idris

5. Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini