Image

Bantu Korban First Travel Investigasi Uang Nasabah, DPR: Tidak Mungkin Menghilang Tanpa Bekas

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794107 bantu-korban-first-travel-investigasi-uang-nasabah-dpr-tidak-mungkin-menghilang-tanpa-bekas-brcmOuKqfH.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Para jamaah korban penipuan PT First Travel mendatangi Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Adapun tujuan kedatangan para korban PT First Travel adalah untuk meminta Komisi VIII DPR RI mengusut dana jamaah yang totalnya mencapai Rp 800 miliar.

Anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan pihaknya akan melakukan investigasi mengenai aliran dana dari para jamaah korban penipuan ini. Karena menurutnya, tidak mungkin secara tiba-tiba dana tersebut bisa hilang tanpa bekas.

"Nah duit Rp 700 miliar kan enggak mungkin menghilang tanpa bekas. Beli tas berapa banyak sih, beli mobil berapa banyak sih lagian dia beli mobil kemana kan akan ke deteksi. Makanya kita nih abis ini mau juga rapat sama dirjen haji umroh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Menurut Diah, aliran dana inilah yang akan menjadi kunci untuk menentukan jenis kejahatan yang dilakukan oleh PT First Travel. Apakah itu kejahatan yang terorganisir ataukah kejahatan pribadi.

"Pertanyaan berikutnya aliran yang inilah kuncinya. Aliran uang ini kemanakah. Baru jika sudah ditemukan hasilnya baru bisa menentukan apakah ini orginize crime atau ini kejahatan pribadi," jelasnya.

Sebagai informasi, pagi tadi, Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) hari menyelenggarakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Ruang Rapat Komisi VIII, Jakarta. Dalam RDPU kali ini, Komisi VIII DPR RI mengundang perwakilan korban biro perjalanan umrah PT First Travel.

Diundangnya para jamaah korban dari PT First Travel bertujuan untuk mendengarkan langsung keluhan dari para korban. Sehingga bisa mendapatkan solusi yang terbaik untuk kasus ini.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini