Image

Masuk Investasi Bodong, Kemenag Sebut First Travel Peroleh Akreditasi B

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 21:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 320 1794400 masuk-investasi-bodong-kemenag-sebut-first-travel-peroleh-akreditasi-b-JRLa3i0Kn9.jpg

JAKARTA - PT First Travel berhasil mencuri perhatian banyak pihak terkait kasus penipuannya terhadap ribuan jamaah yang akan berangkat umrah. Karena kasus tersebut, banyak yang beranggapan jika, biro perjalanan umrah tersebut tidak memiliki izin alias bodong.

Namun hal tersebut dibantah oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Muhajarin Yanis. Menurutnya First Travel justru sudah memiliki izin dan dinyatakan layak beroperasi.

Bahkan biro perjalanan umrah milik Anniesa Hasibuan ini sampai memperoleh akreditasi B dari Kementerian Agama. Sehingga hal tersebut sudah cukup untuk memberi izin First Travel untuk beroperasi.

Baca juga: Resmikan Jalan Tol Palembang-Pemulutan, Jokowi: Ini yang Pertama di Sumatera Selatan

"Hasil administrasi mereka malah memenuhi dan memiliki nilai B. Ketika dilakukan akreditasi dan semua komponen di akumulasi dan hasilnya B, maka tentu tidak ada alasan untuk tidak memberi izin perpanjangan biro karena itu haknya," ujar saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Selain itu, Muhajarin mengatakan jika pihaknya sama sekali tidak mudah untuk memberikan izin kepada biro-biro perjalanan apalagi yang berkaitan dengan umrah. Pihaknya bahkan tidak pernah mengendorkan pengawasan kepada biro perjalanan umrah.

"Sejauh ini setahu saya enggak ada dari pihak kita yang main-main. Kalau ada kita tindak keras. Kalau ada dugaan main-main itu perlu kita bersihkan," jelas Muhajirin.

"Dalam perjalanannya, ada delapan biro perjalanan yang mengajukan izin ke kita itu tidak memenuhi syarat dan tidak mendapat nilai minimal C maka kita dengan tegas tidak perpanjang izin," imbuhnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini