nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Hemat Beli Asuransi Bulanan atau Tahunan?

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 08:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 20 320 1847949 lebih-hemat-beli-asuransi-bulanan-atau-tahunan-PUvsgbbbzD.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Memiliki sebuah asuransi menjadi sangat penting utamanya bagi yang sudah berkeluarga. Namun, bagi yang belum menikah juga penting karena bisa menjadi dana pertanggungan darurat atau tabungan masa depan.

Baca Juga: Berpotensi Rugi, Pahami Hal Ini Sebelum Investasi

Saat membelinya ada hal yang harus dipastikan yakni pembayaran preminya. Dalam asuransi ada dua tipe pembayaran bulanan atau tahunan.

Perencana Keuangan Mohamad Andoko menyarankan, pembayaran premi mesti diperhatikan dengan benar, pasalnya ketika terlambat membayar maka uang pertanggungan hangus. Jadi ketika menetapkan bulanan atau tahunan tergantung kemampuan keuangan.

Baca Juga: Jangan Asal Investasi, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin!

"Kalau cash flow memungkinkan untuk bulanan lakukan bulan, kalau dia lebih senang untuk bayar tahunan karena misal saya bayar untuk bonus atau terima lainnya silakan. Tetapi saat bersamaan terkait sama cash flow," tuturnya kepada Okezone.

Hal senada juga disarankan oleh Perencana Keuangan Andi Nugroho. Menurutnya, bayar premi asuransi bulanan atau tahunan yang terpenting adalah rajin bayar. Ketika kemampuan terbatas maka beli bulanan lebih baik karena jumlahnya tidak begitu besar. Tapi jika yakin tahunan, maka konsekuensinya premi dibayar sangat besar.

Baca Juga: Resolusi Keuangan 2018 bagi si Pemboros, Ingatlah "Dosa Keuangan"

"Pilihan saja antara bulanan atau tahunan, yang penting harus rajin mengingat dan memantau agar proteksi dapat terus berjalan," ujarnya.

Selain itu, jika memang kemampuan bayar tahunan tidak bisa maka jangan dipaksa. Bagi yang bisa tahunan maka dibayar lebih besar, namun kita lebih santai karena proteksi terus berjalan setahun.

"Lagi kalau budget tidak cukup untuk bayar tahunan, ya bisa yang bayar bulanan," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini