Share

Sri Mulyani Ramal Ekonomi RI Masuk 5 Besar Dunia di 2045, Ini Syaratnya

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 03 20 1854195 sri-mulyani-ramal-ekonomi-ri-masuk-5-besar-dunia-di-2045-ini-syaratnya-7rAibUIp46.jpg (Foto: Ant)

DEPOK - Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan kinerja pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, di hadapan para wisudawan Universitas Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir ekonomi Indonesia tumbuh lebih baik.

Dalam orasi ilmiah yang disampaikan, Sri Mulyani mengatakan, dibandingkan pengalaman negara Eropa Timur yang mengalami transisi kelembagaan dan ekonomi secara fundamental, Indonesia mampu melakukan penyesuaian lebih singkat.

"Kita masuk dalam 20 ekonomi terbesar di G20, dengan investment grade dari tiga lembaga pemeringkat dunia. Raihan pertama sejak krisis ekonomi Indonesia 20 tahun lalu," tuturnya di Balirung UI Kampus Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2018).

Baca juga:

Jakarta Gempa, Sri Mulyani: Saya Lari ke Luar Ruangan

Sri Mulyani: Anggaran dan SDM Paling Mendesak untuk Dibenahi!

Dia melanjutkan, pengaruh perekonomian Indonesia terhadap pertumbuhan perekonomian global berada di urutan kelima setelah China, Amerika Serikat (AS), India dan negara-negara kelompok Uni Eropa.

"Lompatan ranking ease of doing business oleh Indonesia secara cepat dalam waktu tiga tahun terakhir. Fondasi ekonomi kita lebih fleksibel dan berdaya tahan sebagai modal kita," ujarnya.

Menurutnya, jika negara mampu mempertahankan bahkan memperbaiki perekonomian ke depan, maka 2045 atau tepatnya usia Indonesia ke 100 tahun. Indonesia menjadi negara ke-5 dengan perekonomian terbesar.

"52% dari 309 juta jiwa penduduk saat itu adalah usia produktif, 80% adalah kelas menengah, 75% penduduk tinggal di perkotaan. Pendapatan per kapita kita USD29.300 serta 73% kue perekonomian bergeser pada sektor jasa," tuturnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini