nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Bank Incar Perusahaan Startup Agar Penyaluran Kredit Capai Rp800 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 19:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 02 320 1867249 mnc-bank-incar-perusahaan-startup-agar-penyaluran-kredit-capai-rp800-miliar-gRbHQMpNZK.jpg MNC Bank (Foto: Giri Hartomo/Okezone)

JAKARTA - PT MNC Bank Tbk (MNC Bank) berkomitmen untuk mendukung para pelaku bisnis yang berasal dari generasi Milenial atau zaman now. Salah satunya adalah dengan menyalurkan pinjaman melalui skema Small Medium Enterprise (SME).

Business Head MNC Bank Budi Setiawan mengatakan, hingga tahun 2017, pihaknya baru menyalurkan sekitar Rp500 miliar kepada pelaku bisnis. Namun pada tahun 2018, pihaknya berharap penyaluran pinjaman SME kepada pelaku bisnis bisa meningkat hingga Rp300 miliar menjadi Rp 800 miliar.

"Sampai tahun 2017 kita sudah memberikan pinjaman Rp500 miliar belum sangat besar memang. Kalau tahun ini kamita targetnya bisa Rp700 miliar sampai Rp800 miliar," ujarnya saat ditemui dalam acara launching Werkspace Pluit, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Budi melanjutkan, untuk mengejar target tersebut , pihaknya akan mulai berfokus kepada pasar milenial. Seperti mulai memberikan pinjaman kepada perusahaan startup untuk bisa berkembang.

Meskipun begitu, dirinya akan selektif dalam memilih perusahaan startup mana yang akan diberikan pinjaman. Jangan sampai lanjut Budi, perusahaan startup tersebut justru tidak survive dan akhirnya berdampak kepada perusahaan.

"Kita enggak batasi startup ini lebih tinggi. Tapi kita tidak menutup untuk startup kita coba masuk, tapi ada beberapa startup dan harus punya Financial record yang bagus," jelasnya.

Selain itu lanjut Budi, pihaknya juga akan melakukan edukasi-edukasi kepada perusahaan atau pengusaha muda yang baru merintis usaha agar bagaimana bisa mengembangkan bisnisnya. Dengan bisnis usaha yang berkembang, maka akan secara otomatis perusahaan tersebut akan mulai mengincar kredit bank untuk melakukan ekspansi usahanya.

"Flexibilitas melihat dari bisnis sme karakter bisnisnya seperti apa. Karakteristik bisnis harus tahu. Seringkali bank itu sektor formalnya. Nah itu emang harus banyak berinteraksi pemain pemain sme dengan edukasi," ucap Budi.

Pada hari ini, MNC Bank sendiri mendukung dinamisnya kaum milenial dengan bertarsipasi dalam pembukaan Werkspace di Pluit, Jakarta. Adapun bentuk dukungannya adalah dengan memberikan edukasi kepada para pelaku bisnis SME untuk memanfaatkan jasa perbankan.

Menurut Budi, acara diskusi tersebut sebagai bentuk dukungan bagi generasi Milenial atau zaman now untuk mengembangkan bisnisnya agar bisa terakses oleh perbankan. Pasalnya, dirinya menilai banyak sekali pelaku bisnis SME yang masih kesulitan mendapatkan akses pinjaman dari bank, sehingga usahanya sulit berkembang dan cenderung jalan ditempat.

Padahal lanjut Budi, bisnis SME memiliki potensi yang besar untuk berkembang dan bisa berkontribusi kepada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Bahkan, dinegara-negara maju seperti Jepang, bisnis SME yang mayoritas dikuasai oleh startup sudah bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negaranya.

"Saat ini semacam ada gap khususnya lembaga keuangan dengan pelaku industri SME. Karena lebih beresiko tidak aman dan sebagainya. NPL-nya lebih tinggi dari yang lain," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini