nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Seluas 387 Ha di NTB

ant, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 30 320 1929331 presiden-jokowi-resmikan-bendungan-seluas-387-ha-di-ntb-cyqe5HlPyZ.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

DOMPU - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tanju yang berada di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Senin (30/7/2018).

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono dan Gubernur NTB Zainul Majdi tiba di lokasi pada pukul 11.00 WITA.

Tampil Kompak, Jokowi & TGB Zainul Majdi Pakai Kemeja Putih saat Kunjungi Korban Gempa

Presiden langsung mendapat penjelasan luas bendungan seluas 387 hektare dan selanjutnya memberikan pengarahan dan langsung meresmikannya.

"Dengan bendungan ini kita harapkan komoditas pertanian di Dompu bisa naik cepat. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Bendungan Tanju di Dompu NTB," kata Presiden di lokasi Bendungan Tanju.

Momen Presiden Jokowi Jabat Tangan Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi 

Selanjutnya Presiden didampingi Menteri PUPR dan Gubernur NTB memencet sirena tanda diresmikan bendungan yang dibangun menghabiskan anggaran Rp124 miliar itu.

Waduk yang memiliki daya tampung 18 juta meter kubik ini akan mengairi lahan pertanian seluas 2.250 hektare lahan. Presiden berharap dengan adanya bendungan ini, biasanya masyarakat Dompu hanya bisa menanam sekali dalam setahun bisa tiga kali.

SBY Temui Prabowo, Jokowi Pilih Kunjungi Korban Gempa Lombok Bareng TGB

Bendungan Tanju terletak di Desa Tanju, Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Propinsi NTB mulai dibangun pada 2015 dengan merelokasi 400 Kepala Keluarga.

Masyarakat yang direlokasi mendapat penggantian rumah, tanah, pekarangan dan pemukiman baru. Bendungan ini selain berfungsi untuk pengairan, juga untuk air bersih, konsevasi, dan perikanan.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini