MNC Asset Management Raih Penghargaan Reksa Dana Syariah Terbaik 2018

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 23 Agustus 2018 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 23 320 1940610 mnc-asset-management-raih-penghargaan-reksa-dana-syariah-terbaik-2018-xds3dxiN8n.jpg Foto: MNC Asset Management Raih The Best Syariah 2018 (Giri/Okezone)

JAKARTA - MNC Asset Management kembali menyabet penghargaan bergengsi pada malam ini. Kali ini MNC Asset Management menyabet penghargaan The Best Syariah 2018 untuk kategori Reksa Dana Syariah Terbaik 2018 dari majalah Investor.

Ini menambah koleksi penghargaan dari MNC Asset Management selama 7 tahun terakhir. Selama 7 tahun terakhir, MNC Asset Management telah meraih 18 penghargaan dari berbagai institusi keuangan maupun media.

Direktur Invetsasi MNC Asset Management Suwito Haryatno mengatakan, pihaknya mengaku bahagia atas penghargaan ini. Artinya, produk syariah yang selama ini sudah dikeluarkan oleh MNC Asset Management diapresiasi baik oleh nasabah maupun stekholder yang bertugas menilai kinerja sektor syariah.

Sebab, sebagai perusahaan manajer investasi yang menawarkan produk Reksa Dana konvensional dan syariah, MNC Asset Management mendapatkan apresiasi atas kinerja terbaiknya dalam mengelola produk MNC Dana Syariah sebagai Reksa Dana Terbaik untuk Kategori Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah Periode Tiga Tahun.

"Saya pikir ini satu apresiasi yang baik dan kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Penghargaan yang ke 18 untuk reksa dana pendapatan tetap sekarang kita ke bagian periode tiga tahun," ujarnya usai menerima penghargaan di Energy Building SCBD, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Suwito menambahkan, penghargaan ini tidak membuat pihaknya berleha-leha. Pihaknya akan terus meningkatkan kinerja dari perusahaan khususnya dalam investasi produk syariah.

Menurutnya, pangsa pasar produk syariah sangatlah besar. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Dalam mengelola find penghargaan bukan yang kita kejar tapi memberikan ritern bagi klien kita. Penghargaan ini apa yang kita lakukan selama ini berarti kita bisa meningkatkan apa yang menjadi kemauan investor kita. Target peningkatan berapa besar dana yang dikelola. Karena itu cerminan," jelasnya.

MNC Asset Management sendiri tahun ini menargetkan bisa mengelola dana sebesar Rp10 triliun. Hingga bulan Agustus 2018, MNC Asset Management telah mengelola dana sekitar Rp6,5 triliun.

"Dana kelola Rp6,5 triliun sampai Agustus. Target kita kan Rp8,5 tapi kita tingkatkan menjadi Rp10 triliun jadi kurang lebih sekitar 60%," ucapnya.

(feb)

Sementara itu, Direktur Penelitian Pengembangan Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dede Firman Hendarsyah mengatakan, harapannya ke depannya industri keuangan syariah bisa terus berkembang lagi. Sehingga bisa mendukung pembangunan dan perekonomian nasional.

"Saya berharap kontribusi keuangan syariah ke depan lebih baik dan dapat mendukung pembangunan dan perekonomian nasional," jelasnya.

Dede menambahkan, selama tiga tahun belakangan hingga saati ini, industri keuangan syariah terus tumbuh. Pada tahun 2015, keuangan syariah tumbuh 20%, lalu pada tahun 2016 tumbuh sekitar 29% dan terakhir tahun 2017 tumbuh sekitar 27%. 

Sementara itu, pada tahun 2018 ini hingga Juli 2018, pertumbuhan ekonomi syariah dibilang melambat. Sebab selama semester I-2018, industri keuangan syariah hanya tumbuh 17% saja jika dibandingkan tahun lalu (year on year/yoy).

Menurut Dede, pertumbuhan industri keuangan syariah masih ditopang oleh aset keuangan syariah. Hingga saat ini, assey keuangan syariah mencapai Rp1.204 triliun atau 8,47% dari aset keuangan Indonesia secara keseluruhan.

"3 tahun terakhir 20% 2015, 29% 2016, 27% pada tahun 2017. Di tahun 2018 sudah kita maklumi bersama dengan segala dinamika pada perekonomian kita Asset syariah tumbuh 17% secara yoy. Pertumbuhannya agak sedikit melambat. Kita harapkan sampai tahun 2018 kembali tinggi," jelasnya.

(feb)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini