nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN Bakal Umumkan Cara Lunasi Akuisisi Pertagas Akhir Bulan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 10 September 2018 16:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 320 1948635 pgn-bakal-umumkan-cara-lunasi-akuisisi-pertagas-akhir-bulan-nK2fvYFVZ8.jpeg RUPS-LB PGN (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menegaskan, akan mengumumkan skema pelunasan akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) usai pembayaran tahap pertama diselesaikan perseroan.

Dalam akuisisi ini, pembayaran dilakukan dalam dua tahap. PGN akan menggunakan 50% kas internal untuk pembiayaan akuisisi tahap pertama. Sisanya, sebesar 50% akan menggunakan sumber pendanaan dari luar.

Penyelesaian pembiayaan (financial closing) dilakukan PGN 90 hari sejak ditandatanganinya Conditional Sales Purchase Agreement (CPSA) pada 29 Juni 2018 lalu. Artinya, financial closing tahap pertama akan selesai pada 29 September ini.

grafik

Direktur Keuangan PGN Said Reza Pahlevi mengatakan, setelah financial closing, perseroan akan mengumumkan skema pelunasana akusisi selanjutnya. Saat ini, PGN tengah mengkaji seluruh instrumen pembiayaan yang dimungkinkan.

"Nanti kalau ada yang pembayaran pasti ada di keterbukaan informasi. Jadi sabar saja. 29 September kan closing, nanti setelah itu," kata Reza di Hotel For Season, Jakarta, Senin (10/9/2018).

grafik

Reza juga mengatakan, perseroan akan menaikkan belanja modal atau capital expenditure (capex) usai mengakuisisi Pertagas. Pengambilalihan 51% saham Pertagas sudah ditandatangani pada 3 Juli silam. Akan tetapi, Reza belum dapat menyebutkan kenaikan belanja modal tersebut.

"Belum bisa saya sampaikan. Nanti setelah CPSA," kata dia.

Sebagai informasi, pemegang saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menunjuk Gigih Prakoso sebagai Direktur Utama PGN. Gigih menggantikan Direktur Utama PGN sebelumnya, Jobi Triananda. Keputusan tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini