nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEI Bakal Terapkan Sistem Baru Indeks LQ45 dan IDX30 di Februari 2019

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 21:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 09 278 1975790 bei-bakal-terapkan-sistem-baru-indeks-lq45-dan-idx30-di-februari-2019-o7KfznXvWD.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menerapkan metode baru untuk penghitungan indeks dengan memperhitungkan rasio free float atau minimal jumlah saham emiten yang beredar terhadap kapitalisasi pasar. Rencananya implementasi metode baru ini efektif pda Februari 2018.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menjelaskan, free float adalah total saham scripless yang dimiliki oleh investor dengan kepemilikan kurang dari 5%. Rasio free float adalah jumlah saham free float relatif terhadap total saham tercatat.

Dia menyatakan, dengan sistem free float maka akan terjadi penyesuaian (adjustment) dari saham-saham yang telah ada dalam indeks LQ45 dan IDX30.

Baca Juga: BEI Beberkan Manfaat Penerapan Settlement T+2, Apa Saja?

Tujuan penerapan free float, kata Laksono, untuk memberikan gambaran riil nilai saham yang dapat diperoleh investor. Itu dengan mengecualikan nilai saham yang dimiliki oleh pemegang saham pengendali atau strategis.

"Tujuannya karena fairness, di semua industri ada free float adjusted. Kalau perusahaan market cap-nya (kapitalisasi pasa) besar tapi free float-nya kecil, kan kasian asset manager karena tidak ada barang," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Debut Perdana Saham Duck King di BEI

"Realitanya begitu, perusahaannya besar tapi saham yang tersedia kecil. Akibatnya terjadi valuasi yang bisa naik karena mengejar barang yang sama. Fairness," tambahnya.

Selain itu, metode ini juga bertujuan meningkatkan efisiensi portofolio dengan berkurangnya bobot saham-saham dengan free float rendah. Kemudian mendorong perusahaan tercatat saham untuk menambah porsi saham free float, serta telah menjadi common practice penghitungan indeks oleh index providers dan bursa-bursa utama di dunia.

Baca Juga: Transaksi Harian BEI Meningkat, Asing Catat Aksi Beli Rp3,78 Miliar dalam Sepekan

Dia mengatakan, saham-saham dalam indeks LQ45 dan IDX30 akan kembali dilakukan penghitungan ulang berdasarkan jumlah saham beredarnya dan sisi likuiditas, serta fundamental perusahaannya.

Penerapan metode baru perhitungan indeks LQ45 dan IDX30 pun akan direalisasikan pada bulan Februari 2019. "Awal Februari 2019 dengan masa adjusment. Tapi tidak immediately kita berikan karena biar ada penyesuaian waktu juga supaya tidak terlalu kaget," kata Laksono.

MNC Asset Management Luncurkan Reksa Dana EFT MNC36 Likuid di BEI

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini