nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringkat Pengangguran Lulusan SMK Indonesia 97 dari 100 Negara

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 14:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 10 320 1975979 peringkat-pengangguran-lulusan-smk-indonesia-97-dari-100-negara-WbzEwMKQiW.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Anton J Supit mengatakan, pihaknya melihat susahnya mendapatkan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang memiliki keahlian di dunia industri.

"Presentase jumlah pengangguran terdidik lulusan SMK di Indonesia, berada di urutan 97 dari 100 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi," ujarnya di Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Baca Juga: Menteri Hanif Ungkap Tuntutan Pengusaha ke Pekerjanya

Dia menuturkan, persentase pengangguran siswa di SMK 4,5 juta sekarang menjadi 5 juta. "Namun langsung kerja dan kenyataannya masuk lagi ke Balai Latihan Kerja (BLK)," tuturnya.

 Baca Juga: Mudahkan Pencari Kerja, SMK dan Industri Diminta Lakukan Ini

Dia menjelaskan, program vokasi adalah pilar utama, pendidikan. Di mana dari vokasi orang bisa mengenal sistem ganda, jadi berkerja sambil belajar. 30% teori di sekolah.

"Tetapi yang related dengan jurusan yang dipilih perlu evaluasi kembali 14.000 keberadaan SMK di Indonesia yang tadinya keluar bantuan BOS ini tumbuh seperti jamur," paparnya.

Baca Juga: Ratusan Ribu Lulusan Perguruan Tinggi per Tahun Menganggur

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini