nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkeu Siapkan Portal Lelang Indonesia Anti-Ribet dan Birokrasi Banget

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 19:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 14 20 1977894 kemenkeu-siapkan-portal-lelang-indonesia-anti-ribet-dan-birokrasi-banget-k6BREm7QhJ.jpeg Lelang (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan meluncurkan Portal Lelang Indonesia, yakni lelang.go.id pada Kamis 15 November 2018. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga akan dilelang barang gratifikasi.

Direktur Lelang Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Lukman Effendi menyatakan, pembuatan portal ini menjadi salah strategi untuk mengenalkan dan mempermudah masyarakat dalam mengikuti lelang.

"Selain itu juga untuk membuat lelang lebih informatif dan mudah diakses," katanya dalam Media Briefing Peluncuran Domain Lelang.go.id di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Baca Juga: 21 Pegawai Kemenkeu Korban Lion Air Dapat Tunjangan, Ini Rinciannya

Lukman mengatakan, lelang.go.id akan menjadi identitas perusahaan yang berfungsi membangun kesadaran masyarakat luas akan fungsi lelang. Mulai dari menjaring pembeli potensial, mengangkat citra lelang yang aman, hingga mengubah persepsi negatif masyarakat terkait lelang itu sendiri.

"Harapannya dengan lelang.go.id akan menghilangkan stigma bahwa lelang itu sulit, ribet dan birokrasi banget. Juga kita ingin lebih memasyarakat, sehingga kesannya mudah dan sederhana," katanya.

Dia menjelaskan, nantinya portal lelang akan terintegrasi pada satu layanan terpadu yang kompatibel dengan semua jenis gawai (gadget). Layanan ini pun akan mendorong lelang semakin dinamis, mengikuti pertumbuhan dan perkembangan teknologi e-commerce yang menjadi salah satu penggerak ekonomi baru ke depan.

Baca Juga: Lantik 62 Pejabat Baru Kemenkeu, Ini Pesan Khusus Sri Mulyani

"Lelang itu menginginkan seperti perkembangan market place, kita ingin mengarah ke sana. Kita ingin mengembangkan lelang ini sebagai industri," katanya.

Lukman menambahkan, selain akan meluncurkan portal lelang Indonesia, DJKN juga akan melakukan lelang barang gratifikasi oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, yang merupakan kantor vertikal DJKN.

Adapun penawaran akan melalui internet secara tertutup (close bidding) dan secara terbuka (open bidding) yang dapat diakses melalui gadget peserta. Selain itu juga akan dilaksanakan lelang dengan penawaran lisan dan kehadiran.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini