nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Harga Pertamax Cs Turun? Dirjen Migas: Mudah-mudahan Januari 2019

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 11:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1992773 kapan-harga-pertamax-cs-turun-dirjen-migas-mudah-mudahan-januari-2019-Qn340JqMCr.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pada Januari 2019  seluruh harga BBM non subsidi akan turun seluruhnya. Saat ini hanya PT Pertamina (Persero) saja yang belum menurunkan harga BBM non subsidinya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, untuk Pertamina akan segera menyusul untuk menurunkan harga BBM non subsidi sesuai yang di instruksi pemerintah. Dirinya memperkirakan jika Pertamina baru akan menurunkan harga BBM non subsidinya pada Januari 2019.

"Semua (sudah) turun kan tinggal nunggu Pertamina Januari kan. Ya mudah-mudahan (Januari) turun," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

 Baca Juga: Harga Pertamax Cs Akan Turun, Paling Lambat Januari 2019

Meskipun begitu, dirinya belum mengetahui berapa angka penurunan harga BBM non subsidi yang akan dilakukan oleh Pertamina. Sebab menurutnya, penurunan harga BBM non subsidi merupakan kebijakan dari perusahaan.

"Enggak tahu nanti kita lihat. Ya mudah-mudahan (Januari turun)," ucapnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi. Hal tersebut menyusul anjloknya harga minyak dunia hingga ke level USD50 per barel.

Kementerian pun mengaku telah memanggil seluruh Badan Usaha untuk membicarakan wacana penurunan harga BBM. Beberapa badan usaha yang dipanggil seperti PT Pertamina (Persero), PT AKR Corporindo, PT Shell Indonesia, PT Total Indonesia, PT Vivo Energi Indonesia dan PT Garuda Mas Energi.

Dari hasil obrolan tersebut, menghasilkan hasil yang cukup positif. Pasalnya, seluruh badan usaha sepakat dan berkomitmen untuk menurunkan harga BBM non subsidi.

 Baca Juga: Kapan Harga BBM Turun? Pertamina: Tiba-Tiba Minyak Dunia Naik Lagi

Namun sayangnya hingga saat ini PT Pertamina (Persero) masih belum menurunkan harga BBM non subsidinya. Pertamina berdalih jika harga minyak turun sekitar 2% pada hari perdagangan Jumat, 14 Desember 2018, terbebani oleh jatuhnya pasar saham AS.

"Jadi harga BBM itu kan kita evaluasi. Kita kan banyak urusannya. Produknya banyak. Ada PSO dan Non PSO. kita mash review, kaji dulu. Perkembangan fluktuasi harga minyak yang di upstream (hulu)," ujar Sekretaris Perusahaan Pertamina Syahrial Mukhtar.

Tapi, lanjut dia, yang perlu dipahami yaitu harga di downstream (hilir) tidak otomatis harga di upstream bergerak. Di mana Pertamina basisnya Mean of Platts Singapore (MOPS). Bukan acuan WTI atau Brent.

"Ini lagi kita review. Tiba-tiba naik lagi gimana. Ini kan kebijakan kita bagaimana menyikapi fluktuasi ini. ini perlu kajian. Bulan depan bergerak enggak," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya butuh waktu untuk melihat pergerakan dan proyeksi harga berapa dan kemana. Dan akan mereview, selama dua pekan sampai sebulan. "Apabila harganya begini terus ya nanti kita sesuaikan," ungkapnya.

(wdi)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini