nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Raja di Negeri Sendiri, Mendag Ajak Pengusaha Ciptakan Produk Sekelas Impor

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 12:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 27 320 1996558 jadi-raja-di-negeri-sendiri-mendag-ajak-pengusaha-ciptakan-produk-sekelas-impor-keoZjd8vf1.jpg

SLEMAN – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito ingin melawan produk impor dengan produk dalam negeri. Pengusaha harus mampu mencipakan produk sekelas produk impor, agar bisa menjadi raja di negeri sendiri.

“Produk seperti ini harus bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Unggul di dalam negeri,” jelas Menteri Peragangan saat mnegunjungi rumah produksi makanan bay “OMO!” Healthy Snack, di Jalan Magelang Km 4,5, Sinduadi, Sleman, DIY, Kamis (27/12/2018). 

OMO! Merupakan produk snack atau makanan bagi bayi dan balita yang tanpa gula atau pemanis, gula dan bebas dari penyedap rasa. Setiap kemasan dijual dengan harga Rp.35 ribu.

Produk ini, kata, Menteri baru saja menjadi pemenang dalam contest Makerfest 2018 yang proses penilaian oleh yuri yang independent. Dari situlah, Menteri ingin melihat produk dalam negeri yang bisa didorong mampu bersaing dengan produk import.

Baca Juga: Dukung Ekonomi Dalam Negeri, Pengusaha Wanita Ajak Masyarakat Cinta Produk Lokal

Produk seperti inilah yang harus didorong unyuk dikembangkan. Secara produk mampu bersaing begitu juga dengan harga yang lebih murah. Tinggal bagaimana proses perijinannya bisa lebih cepat dan makanan ini bids terdistribusikan di seluruh Indonesia.

“Yang penting pasar dalam negeri terpenuhi dulu, baru nanti ketika kapasitasnya besar kita ekspor,” jelasnya.

Menurutnya, produk ini mmeiliki positioning yang cukup bagus dan mnegambil segemen makanan bayi dan balita. Selama ini produk makanan bayi diambilkan dari luar, Disinilah produk OMO! Harus bisa dikemas lebih bagus, dengan desain menarik agar bisa dikenal pasar dan diminati konsumen.

“Mari kita cintai produk local, makanan local lebih sehat, produk sendiri keren,” terang Enggartiasto.

Pengembanga produk local juga aka menghemat devisa dan menyerap tenaga kerja. Tidak kalah penting menjadi kebanggan produk dalam negeri.

Baca Juga: Menteri Enggar Kampanye Pakai Produk Indonesia: Pelaku Usaha Jangan Ambil Untung Tinggi

Founder OMO! Healthy Sancak Stella Ervina, mengatakan ide awal membuat snak ini karena anaknya ngemil. Sedangkan produk yang beredar di pasaran tidak ada jaminan keamanan. Dari situlah dia mulai bereksperimen dan menciptakan produk makanan sheat untuk bayi dan balita.

Sejak tiga bulan berdiri, produk ini sudah mampu memproduksi 3 sampai 5 ribu pax. Awalnya hanya 10 sampai dengan 100 pax saja. Sedangka pemasaran produk masih secara online. “Kendala kita manual dan hand made,” jelasnya.

Menurutnya produk yang dibuat terjamin dan tidak akan membahayakan bagi anak. Produk ini tidak mengandung gula garam dan bebasa dari penyedap rasa. Produk inipun juga mengandung nilai gizi karena mneggunakan tenaga ahli dan pakar gizi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini