RI Impor Lagi 30.000 Ton Jagung hingga Bos Bank Dunia Mengundurkan Diri

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 09:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 11 320 2003145 ri-impor-lagi-30-000-ton-jagung-hingga-bos-bank-dunia-mengundurkan-diri-5AC6Qo6Mwu.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah memutuskan untuk melakukan impor jagung pakan ternak sebanyak 100.000 ton pada akhir tahun lalu, kini pemerintah kembali membuka impor jagung sebanyak 30.000 ton pada awal 2019.

Perceraian dijalani orang terkaya sedunia Jeff Bezos tampaknya akan mengubah susunan dalam daftar orang terkaya. Pasalnya, perceraian ini akan membuat Jeff Bezos harus merelakan sebagian hartanya untuk sang mantan istri, MacKenzie.

Dunia mendapat kabar mengejutkan dari sektor perekonomian. Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Ketiga berita tersebut merupakan berita-berita populer selama akhir pekan kemarin di kanal Okezone Finance. Berikut berita selengkapnya:

RI Impor Lagi Jagung 30.000 Ton, Mendag: Bukan Kemauan Saya

Setelah memutuskan untuk melakukan impor jagung pakan ternak sebanyak 100.000 ton pada akhir tahun lalu, kini pemerintah kembali membuka impor jagung sebanyak 30.000 ton pada awal 2019.

Impor ditugaskan kepada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog), yang rencananya jagung tersebut masuk ke Indonesia paling lambat di akhir Maret 2019.

Baca Juga: Impor Jagung 30.000 Ton, Dirut Bulog: Itu Permintaan dari Peternak

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, keputusan impor ditetapkan oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rapat koordinasi terbatas (Rakortas). Selain dirinya, rapat itu dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pertanian Amran Nasution, Dirut Bulog Budi Waseso, yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"Jadi ini keputusan rakor. Rakor yang memutuskan, bukan kemauan saya," kata dia di Gedug Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Enggar menyatakan, dalam rapat tersebut ternyata masih dibutuhkan tambahan jagung impor. Saat itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga mengajukan impor kembali.

Baca Juga: Persetujuan Tambahan Impor 30.000 Ton Jagung Masih Diproses

"Rakor yang memutuskan dan itu (impor jagung lagi) permintaan. Jadi ditanya 'cukup enggak?' Karena enggak cukup, Pak Mentan juga bilang bahwa minta impor di rakor itu," jelasnya.

Dia menyatakan, izin pengajuan impor oleh Bulog sudah diterima dan siap untuk ditandatangani dirinya. "Saya belum teken, tapi sudah disiapkan. Hari ini rasanya kelar. Langsung online kok," imbuhnya.

Jeff Bezos Cerai, MacKenzie Bisa Jadi Wanita Terkaya Berkat Harta Gono Gini Rp980 Triliun

Perceraian dijalani orang terkaya sedunia Jeff Bezos tampaknya akan mengubah susunan dalam daftar orang terkaya. Pasalnya, perceraian ini akan membuat Jeff Bezos harus merelakan sebagian hartanya untuk sang mantan istri, MacKenzie.

Jeff Bezos yang kini berusia 54 tahun tercatat memiliki kekayaan sebesar USD137 miliar atau Rp1.945 triliun (kurs Rp14.200 per USD). Angka ini membuat Jeff menduduki peringkat teratas dalam Bloomberg Bullionaires Index. Demikian dilansir dari Time, Kamis (10/1/2019).

Jeff Bezos merupakan pemilik 16 persen dari saham Amazon, e-commerce terbesar di dunia. Dia juga merupakan pemilik dari Washington Post dan Blue Origin yang merupakan space exploration company.

Jika perceraian ini diikuti dengan pembagian harta gono gini secara seimbang alias 50-50, maka MacKenzie yang kini berusia 48 tahun akan mendapatkan USD69 miliar atau Rp980 triliun. Dan ini akan membuat MacKenzie menjadi wanita paling kaya di dunia.

Hal ini juga akan membuat Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft kembali menjadi orang terkaya di dunia. Di mana Bill Gates sekarang ini tercatat memiliki kekayaan sebesar USD92,5 miliar.

Jeff dan MacKenzie bertemu pertama kali di DE Shaw, New York. Saat itu, Jeff diwawancarai MacKenzie. Mereka kemudian menikah pada 1993 dan pindah ke Seattle, di mana Jeff mendirikan Amazon. Jeff dan MacKenzie sendiri telah memiliki empat orang anak.

Bos Bank Dunia Mengundurkan Diri, Sri Mulyani: Kita Harus Hormati

Dunia mendapat kabar mengejutkan dari sektor perekonomian. Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, mengenai pengunduran diri Kim tersebut, Kim menyampaikan akan bergabung untuk satu perusahaan atau sektor swasta di bidang infrastruktur.

"Karena ini sesuai dengan apa yang beliau bayangkan, akan lebih banyak berguna bagi negara-negara berkembang di dunia, saya rasa keputusan Presiden Kim dihormati saja," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Dia menjelaskan, Indonesia salah satu anggota Bank Dunia. Oleh karena itu, dirinya berharap lembaga ini dapat dijaga dari sisi visi, misi untuk menjaga fungsinya dan terus meningkatkan pemerataan dan kesejahteraan.

"Karena dua misi yang disampaikan Bank Dunia sangat relevan bagi banyak negara di dunia yaitu bagaimana mengurangi kemiskinan hingga hilang dan juga bagaimana menciptakan pemerataan dan kesejahteraan secara lebih baik," ungkapnya.

Seperti diberitakan Okezone, Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim pada Senin 7 Januari 2019 mengumumkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari posisinya, setelah lebih dari enam tahun di lembaga pemberi pinjaman internasional itu.

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva akan berperan sebagai presiden sementara efektif mulai 1 Februari, kata Bank Dunia dalam sebuah pernyataannya seperti dikutip Antara News, Jakarta.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini