nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlambatan Ekonomi China Jadi Peluang Ekspor RI

Senin 21 Januari 2019 15:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 21 320 2007305 perlambatan-ekonomi-china-jadi-peluang-ekspor-ri-E0B16bekHJ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Perlambatan ekonomi China membuat Negeri Tirai Bambu tersebut memulai peralihan dari pertumbuhan yang didorong ekspor untuk lebih bergantung pada konsumsi domestik. Hal ini dinilai bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menghasilkan produk ekspor yang diminati oleh China

"Nah ini yang perlu kita mulai, Indonesia harus fokus ke sektor manufaktur atau memproduksi barang-barang yang diminati oleh ekonomi China yaitu lebih ke barang-barang konsumsi," ujar Head Of Mandiri Institute Moekti Soejachmoen di Jakarta, Senin (21/1/2019).

 Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi China 2018 Hanya 6,6%, Terendah dalam 28 Tahun

Menurutnya, ekonomi China yang melambat membuat impor sudah memiliki banyak perubahan. Jadi Indonesia pun harus mengikuti tren ekonomi yang tengah dilakukan oleh berbagai negara.

"Jangan sampai kita ketinggalan lagi, di mana Indonesia sering kali ketinggalan tren dunia. Lebih fokus ke manufakturing terutama untuk meng-adjsut harga komoditas yang turun," paparnya.

 Baca Juga: Ekonomi China Tumbuh 6,9% di 2017

Sebelumnya Ekonomi China terus melambat, bahkan hingga kuartal terakhir tahun 2018 seperti ditunjukkan data resmi pemerintah untuk kemudian memicu kekhawatiran tentang dampaknya terhadap ekonomi global.

Dalam tiga bulan terakhir tahun kemarin hingga Desember, ekonomi China tumbuh 6,4% dari tahun sebelumnya, atau turun dari 6,5% pada kuartal sebelumnya. (Sindonews)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini