Ekonomi Digital Bisa Tekan Urbanisasi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 31 320 2012032 ekonomi-digital-bisa-tekan-urbanisasi-jzcztGUy99.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya menyatakan, dengan digitalisasi ke depan diharapkan tak ada lagi urbanisasi, yakni perpindahan masyarakat dari desa ke kota. Sebab dengan teknologi, masyarakat bisa melakukan kegiatan ekonomi, sehingga pemerataan ekonomi terjadi antara kota dan daerah.

"Karena kalau sudah urbanisasi dan itu balik lagi ke kampung halamannya. Lama-lama ibu kota pun jadi tidak layak," katanya dalam dalam acara DBS Asian Insight Conference di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Baca Juga: E-Commerce dan Pinjaman Online Paling Banyak Diadukan dalam 3 Tahun Terakhir

Dia menjelaskan, dalam merintis Tokopedia, dirinya bermimpi dapat melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia dengan digitalisasi. Dirinya berharap lima hingga sepuluh tahun ke depan Indonesia sudah benar-benar berbasis teknologi.

"Di mana petani-petani sudah berbasis teknologi, dan punya nasib lebih baik," imbuhnya.

Baca Juga: Ingin Sukses pada 2019? Menangkan Digital dan Leisure Economy

Dengan demikian, masyarakat desa tak perlu lagi melakukan urbanisasi, namun menjalankan bisnisnya di kampung halaman. Terlebih generasi muda seharusnya dapat memanfaatkan teknologi untuk mendorong perekonomian di daerahnya.

"Tentunya harapan generasi muda bisa berkarya di kampung pengalaman. Lebih baik lagi kalai yang di Jakarta, dengan pengalamannya, kembali dan memajukan kampung halaman. Jadi ekonomi sama besar (kota maupun desa), sehingga mimpi pemerataan ekonomi juga bisa tercapai," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini