nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut: Ekonomi RI Tidak Berkiblat ke AS atau China

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 08:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 08 20 2015153 menko-luhut-ekonomi-ri-tidak-berkiblat-ke-as-atau-china-wU4iINc7Ei.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

SURABAYA - Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China terjadi karena begitu luar biasanya perkembangan ekonomi Negeri Tiongkok.

Salah satu faktor kebangkitan ekonomi China tersebut adalah karena tum buhnya usaha kecil di tengah masyarakat atau biasa dikenal di sini sebagai UMKM.

 Baca Juga: Presiden Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi 5,17% Patut Disyukuri

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam seminar nasional bertema Pengembangan UMKM dan Workshop Menembus Pasar Digital di Sheraton Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.

“Perkembangan China ini sangat luar bisa. Mengapa? Karena UMKM di sana begitu berkembang dan kita pun belajar dari China,” ujar Luhut dalam seminar yang digelar dalam rangkai Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

 Baca Juga: Jokowi: Ekonomi Global Masih dalam Kondisi Tidak Baik

Menurut Luhut, pada 2000 China berada pada peringkat kelima dan terus meningkat pada 2017 dengan menembus peringkat kedua ekonomi dunia. Keberhasilan China dalam membangun ekonomi melalui UMKM menjadi salah satu pelajaran penting bagi Indonesia yang memiliki lebih banyak potensi UMKM untuk dikembangkan.

Hanya, kata Luhut, belajar dari perkembangan China itu tetap tidak mengubah arah pembangunan bangsa yang mandiri dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

“Presiden Jokowi sudah mengatakan bahwa ekonomi kita tidak berkiblat ke AS ataupun ke China. Kita harus bisa membangun ekonomi kita sendiri,” ujar Luhut dalam siaran persnya kemarin. (M Ridwan)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini