Daftar 10 Bank Terbaik di Indonesia, Siapa Saja?

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 05 320 2026054 daftar-10-bank-terbaik-di-indonesia-siapa-saja-r3edvLfzL1.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Forbes merilis daftar bank-bank terbaik di Indonesia. Setidaknya empat bank BUMN, bank swasta dan asing masuk daftar tersebut.

Penilaian bank-bank terbaik ini berdasarkan teknologi yang merevolusi pasar perbankan global dan harapan pelanggan lebih tinggi dari sebelumnya untuk lembaga keuangan mereka.

Hasil ini merupakan kerjasama Forbes dengan perusahaan riset pasar Statista untuk menghasilkan pandangan pertama tentang bank-bank terbaik dunia.

 Baca Juga: MNC Bank Raih Penghargaan Anugerah Perbankan Indonesia 2018

Selain itu bank terbaik dinilai berdasarkan kepuasan umum dan atribut utama seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, dan nasihat keuangan.

Berikut 10 daftar bank terbaik di Indonesia, dilansir dari Forbes, Jakarta,Selasa (5/3/2019):

1. PT Bank Central Asia (BCA)

PT Bank Central Asia Tbk didirikan pada 10 Agustus 1955 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang perbankan komersial dan jasa keuangan lainnya dan beroperasi pada segmen wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, dan Luar Negeri. Dengan total karyawan sebanyak 26.962 orang serta penjualannya mencapai USD5,2 miliar

2. PT Bank Tabungan Negara (Persero)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk didirikan pada 30 November 1994 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan layanan dan aktivitas perbankan komersial berdasarkan prinsip syariah dan beroperasi melalui segmen Konvensional dan Syariah. Dengan total karyawan berjumlah 19.175 orang.

 Baca Juga: Mengenal 6 Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia

 

3. HSBC Holdings

HSBC Holdings Plc beroperasi sebagai perusahaan induk untuk Grup HSBC didirikan pada 1 Januari 1959 dan berkantor pusat di London, Inggris Raya. Segmen operasi perusahaan diatur dalam enam wilayah geografis, termasuk Eropa, Hong Kong, Sisa Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara, Amerika Utara, dan Amerika Latin.

Perusahaan ini menyediakan layanan perbankan dan keuangan melalui empat bisnis global, termasuk Perbankan Ritel dan Manajemen Kekayaan, Perbankan Komersial, Perbankan dan Pasar Global dan Perbankan Swasta Global. Dengan total penjualannya mencapai USD63,2 miliar serta jumlah karyawannya sebanyak 228,687.

4. PT Bank Negara Indonesia (BNI)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk didirikan pada 5 Juli 1946 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan layanan perbankan umum. Segmen operasi Perusahaan meliputi Komersial dan Kecil, Konsumen dan Ritel, Lembaga Keuangan dan Keuangan,Kantor pusat, dan Anak Perusahaan. Dengan jumlah penjualannya mencapai USD4,9 miliar serta total jumlah karyawannya sebanyak 27.803 orang.

5. PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk didirikan pada 2 Oktober 1998 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan layanan perbankan umum. Dengan total penjualan mencapai USD8,1 miliar serta jumlah karyawan sebanyak 38.307 orang.

6. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk didirikan oleh Aria Wiriatmaja pada 16 Desember 1895 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan layanan perbankan umum. Dengan total penjualan mencapai USD9,3 miliar serta jumlah karyawannya yang mencapai 60.683 orang.

Segmen operasi perusahaan meliputi Mikro, Ritel, Perusahaan, Lainnya, dan Anak Perusahaan. Segmen Mikro menawarkan layanan perbankan kepada pelanggan individu dan pengusaha mikro. Segmen Ritel melayani pelanggan individu dan pengusaha kecil dan menengah dengan menyediakan layanan perbankan, produk simpanan, dan pinjaman komersial atau konsumen.

 

7. Panin Bank

Panin Bank didirikan pada 14 Agustus 1971 dan berkantor pusat di Jakarta,Indonesia. Direktur utama Panin Bank adalah Herwidayatmo. Saat ini jumlah karyawan Panin Bank sebanyak 8.778 orang.

8. Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP didirikan pada 14 Agustus 1971 dan berkantor pusat di Jakarta,Indonesia. Direktur utamanya adalah Parwati Surjaudaja. Saat ini jumlah karyawan Bank OCBC NISP sebanyak 6.477 orang.

9. Citibank

Citibank didirikan pada tahun 1812 sebagai City Bank of New York, dan kemudian menjadi First National City Bank of New York. Citibank adalah divisi konsumen dari layanan keuangan Citigroup multinasional. Citibank juga menyediakan kartu kredit, hipotek, pinjaman pribadi, pinjaman komersial, dan jalur kredit. Saat ini jumlah karyawan Citibank mencapai 164.337 orang.

10. DBS

Bank DBS didirikan pada tahun 1968 dan berkantor pusat di Singapura. DBS Group Holdings beroperasi sebagai perusahaan holding investasi yang bergerak dalam penyediaan ritel, usaha kecil dan menengah, layanan perbankan korporasi dan investasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini