nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Kumpulkan 10 Ribu Sopir Truk di Priok, Ada Apa?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 14:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 17 320 2031151 kemenhub-kumpulkan-10-ribu-sopir-truk-di-priok-ada-apa-ksKq6ZUvcU.jpg Foto: Kemenhub Kumpulkan 10.000 Sopir Truk (Taufik/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menggelar deklarasi pengemudi truk sebagai pelopor keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, kegiatan adalah keprihatinan Kemenhub dengan Aptrindo terkait banyaknya kendaraan-kendaraan truk yang menjadi korban maupun sebagai korban penyebab kecelakaan lalu lintas.

"Kita ingin mengembalikan truk untuk tidak over dimension-over load (odol) maupun semangatnya untuk membangun keselamatan baik kepada opratormya maupun pengemudinya terutama," ujarnya, Minggu (17/3/2019).

 Baca Juga: Pengusaha Truk Keluarkan Rp1,38 Juta untuk Lalui Tol Trans Jawa

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya mengumpulkan sekitar 10 ribu pengemudi kendaraan truk untuk diberikan arahan terkait tentang keselamatan. Supaya mereka dalam berkendara itu harus ingat bahwa keselamatan yang diutamakan dan diprioritaskan.

"Jadi, kita harapkan opratornya menerapkan standar keselamatan dalam rangka penyelenggaraan oprasionalnya, di mana ada SPM yang harus dia lakukan misalnya pengemudinya harus seperti apa ada pelatihannya. Kemudian bagaimana mengendalikannya kemudian bagaimana meningkatkan SDM pengemudinya kita harapkan seperti itu," katanya.

 Baca Juga: Pengusaha Truk Minta Tarif Tol Trans Jawa Turun 20%

Pada acara tersebut, nantinya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini