nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengawasan Jembatan Timbang Diperketat bagi Truk Kelebihan Muatan

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 17 320 2031183 pengawasan-jembatan-timbang-diperketat-bagi-truk-kelebihan-muatan-SFPOeSF8xy.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pengelolaan dan pengawasan pada jembatan timbang saat ini sudah semakin baik. Seperti diberlakukannya pengawasan secara ketat di setiap daerah-daerah.

"Jadi, jembatan timbang saya katakan cukup bagus perkembangannya. Pasalnya kita sudah bangun sistemnya, bangun pengawasannya, bangun IT-nya dan juga bangun komunikasi dengan kepolisian dan pengadilan menyangkut masalah pengawasan tersebut," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

 Baca Juga: Transparansi Layanan Jembatan Timbang, Kemenhub Aplikasikan Skema Baru

Dia menjelaskan, perbaikan juga dirasakan setelah dialihkannya pengelolaan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau jembatan timbang pada pengusaha swasta.

"Karena, pengoperasian alat pendeteksi kelebihan muatan itu dianggap lebih optimal jika ditangani badan usaha," ungkapnya.

 Baca Juga: Jembatan Timbang Diaktifkan Lagi, Menhub Minta Pengusaha Semen dan Baja Ikuti Aturan

Dia menuturkan, pengalihan yang dilakukan kepada pihak swasta ini pun juga bukan tanpa sebab. Pasalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) agar lebih baik lagi.

"Jadi untuk SOP berjalan dengan baik, maka itu saya tidak mempercayakan semua dengan petugas kita tapi ada pihak swasta yang masuk ke dalam," ujarnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini