nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Standarisasi QR Code Diterapkan Semester II-2019

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 18:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 320 2039137 standarisasi-qr-code-diterapkan-semester-ii-2019-2UgWTSFg3l.jpg Foto: Yohana Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan memberlakukan standarisasi sistem pembayaran QR code secara nasional pada semester II 2019. Sehingga pada pertengahan tahun, hanya perlu satu jenis QR Code untuk melakukan pembayaran dari seluruh penyedia jasa.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta menyatakan, saat ini standarisasi yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS) sedang memasuki tahap uji coba kedua. Pengujian ini pun berlangsung selama dua bulan.

"Sehingga ditargetkan pada semester II 2019 kita bisa diterapkan full secara nasional. Termasuk transaksi cross border dengan masa transisi," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Kamis (4/4/2019).

 Baca Juga: BI: Standarisasi QR Code Masuk Uji Tahap Dua

Dia menjelaskan, dengan standarisasi ini maka seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menjalankan transaksi pembayaran QR Code harus menyesuaikan dengan ketentuan baru. Termasuk sistem pembayaran China yang tengah mengurus izin masuk ke Indonesia, yakni Alipay dan WeChat.

"Mereka (Alipay dan WeChat) akan menyesuaikan dengan standar Indonesia, supaya enggak ada masalah lagi. Semua sudah diatur, mereka boleh (masuk ke Indonesia) tetapi harus kerja sama dengan Bank BUKU IV," katanya.

Sementara itu, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Ricky Satria menambahkan, standarisasi diperlukan untuk memberikan efisiensi. Sehingga merchant tak perlu menyediakan beragam QR Code karena adanya fragmentasi oleh masing-masing PJSP.

"Ini untuk efisiensi, merchant jadi hanya perlu sediakan 1 QR Code. Selain itu kota juga ingin sistem pembayaran ini masuk ke toko-toko sangat mikro seperti di pasar," ujarnya.

 Baca Juga: BI Kebut Penyelesaian Standarisasi QR Code

Untuk diketahui, standardisasi QR Code ini dibuat dengan model Merchant Presented Mode (MPM) ke dalam QR Indonesia Standard (QRIS). Sistem Qr Code ini juga sudah terhubung dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Adapun saat ini terdapat 26 PJSP yang menjalankan transaksi pembayaran QR Code. Diantaranya OVO, Go-Pay, Dana, BCA, CIMB Niaga, juga LinkAja yakni QR Code bentukan sinergi Bank Himbara dengan Telkomsel.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini