nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pensiunan PNS Bisa Ajukan KUR, Simak Fakta-faktanya

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 06:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 320 2039414 pensiunan-pns-bisa-ajukan-kur-simak-fakta-faktanya-Gz1FosP1tg.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan inovasi baru dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memperluas segmen penerimanya. Salah satunya dengan pemberian KUR kepada para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Iskandar Simorangkir mengatakan aturan mengenai pemberian KUR bagi pensiunan PNS ini akan rampung sebelum Mei. Dengan keluarnya aturan ini diharapkan bisa membantu pemerintah mengejar target penyaluran KUR tahun ini yakni sebesar Rp140 triliun.

Berikut fakta-fakta pensiun PNS Bisa Ajukan KUR seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

1. Pensiunan PNS Bisa Ajukan Kredit Usaha Rakyat

Pemerintah menyiapkan inovasi baru dalam penyaluran Kredit Usaha Mikro (KUR) untuk memperluas segmen penerimanya. Salah satunya adalah pemberian KUR kepada para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca Juga: Pemerintah Salurkan KUR Rp84 Triliun untuk Sektor Produktif

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Iskandar Simorangkir mengatakan, aturan mengenai pemberian KUR kepada pensiunan PNS sedang dalam pembahasan. Aturan tersebut akan tertuang dalam Peraturan Menteri Perekonomian (Permenko).

2. Penyaluran KUR Baru Rp23 Triliun hingga Februari 2019

Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Februari 2019 mencapai Rp23 triliun. Angka ini masih jauh dari target penyaluran KUR tahun 2018 yang sebesar Rp140 triliun.

Baca Juga: BRI Salurkan KUR Rp20 Triliun dalam 3 Bulan

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, dari penyaluran KUR hingga Februari ini ada peningkatan permintaan pada kredit sektor produksi. Hal tersebut tidak terlepas dari turunnya bunga menjadi 7%.

3. KUR Diharapkan Optimalkan Potensi Perikanan Rakyat

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharapkan bisa mengoptimalkan potensi perikanan rakyat yang peluangnya masih sangat besar untuk menyumbangkan kesejahteraan bagi masyarakat. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring dalam acara Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mengatakan para nelayan dan pembudidaya ikan diharapkan memanfaatkan dana KUR agar sektor perikanan rakyat bisa semakin berkembang.

4. KUR Perikanan Rp201,2 Miliar Disalurkan ke 6 Daerah

Pemerintah kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat senilai Rp201,2 miliar secara serentak di sentra nelayan dan budi daya ikan di enam provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tenggara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penyaluran KUR yang tumbuh konsisten memacu pertumbuhan sektor ekonomi kerakyatan termasuk di sektor perikanan.

5. Pemerintah Salurkan KUR Rp84 Triliun untuk Sektor Produktif

Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun ini sebesar Rp140 triliun. Dari jumlah tersebut, sebagian besar akan disalurkan menuju sektor produktif.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, dari jumlah tersebut 60% atau sekitar Rp84 triliun nantinya akan disalurkan menuju sektor produktif. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang mana penyaluran KUR menuju sektor produktif hanya 50% saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini