nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecewa Pasar Tanah Abang Tutup, Masyarakat Serbu Pedagang Kaki Lima

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 19:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 17 320 2044861 kecewa-pasar-tanah-abang-tutup-masyarakat-serbu-pedagang-kaki-lima-4owyVvs3Wb.jpg Foto: PKL di Tanah Abang (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Pasar Tanah Abang memang tutup pada penyelengaraan pemilihan umum (pemilu) serentak yang berlangsung pada hari ini, namun tidak untuk pedagang kaki lima. Sepanjang jalan trotoar yang berada di kawasan Tanah Abang padat dengan pedagang kaki lima.

Berdasarkan pantauan Okezone, dari sekitar pintu Stasiun Tanah Abang hingga Pasar Tanah Abang Gedung Blok B, semua trotoar terpakai oleh pedagang kaki lima. Jalan pun harus berdesakkan, sebab terhalang oleh pedagang dan pembeli yang melakukan penawaran.

Umumnya, pedagang kaki lima itu menjual beragam sandang, mulai dari baju, celana, kerudung, peci hingga mukena untuk beragam usia. Tak hanya itu, ada juga aksesoris gadget, jam tangan, hingga botol minum. Bahkan ada juga pangan seperti buah-buahan.

 Baca Juga: Berburu Diskon Pemilu di Mal, Masyarakat Antre Panjang hingga Malam Ini

Masyarakat yang awalnya tak mengetahui bahwa Pasar Tanah Abang tutup pun mencari alternatif lain untuk tetap bisa berbelanja, yakni beralih ke pedagang kaki lima. Hal ini tentu dimanfaatkan pedagang kaki lima, mereka bersahutan teriak dengan suara nyaring untuk memikat pembeli.

Salah satunya, Novi yang kepincut untuk membeli beberapa pakaian dari pedagang kaki lima. Awalnya, warga dari Tangerang itu ingin membeli baju di Pasar Tanah Abang untuk kebutuhan dijual kembali. Kata dia, sekalian mengambil kesempatan hari libur nasional, usai mencoblos lebih dahulu di pagi hari.

"Ke sini karena mau borong baju awalnya. Tapi kan ternayata baru tahu sampai sini kalau tutup, karena kan emang bukan warga sini, jadi baru tahu. Jadi daripada balik lagi yah belanja aja yang ada di kaki lima. Saya beli beberapa pasang baju," jelas dia kepada Okezone, Rabu (17/4/2019).

Selain itu, ada juga Nina, salah satu pengunjung yang mengaku membelikan pakaian putranya di pedagang kaki lima, sebab Pasar Tanah Abang tutup. Dia pun baru mengetahui tutupnya pasar usai tiba di lokasi.

"Ke sini mau beli baju anak saya yang cowok. Tapi ternyata tutup, jadi beli saja di yang dipinggir-pinggir jalan itu. Saya jadi beli satu pasang baju untuk anak saya," ujar warga dari Cibinong, Bogor itu.

 Baca Juga: Pasar Tanah Abang Tutup, Begini Ungkapan Kekecewaan Pembeli

Adapula Elisabeth yang bersama teman-temanya datang ke Psar Tanah Abang bermaksud belanja pakaian untuk persiapan Lebaran, sebab rencananya akan kemabli dijual. Sayangnya, sejak tiba pukul 11.00 WIB di lokasi, dirinya baru tahu kalau PAsar Tanah Abang tutup.

"Pagi kan nyoblos dulu, ikut pemilu. Mumpung libur juga, jadi rencana aja sama temen ke sini mau belanja baju Lebaran, buat di jual lagi. Tapi ternyata tutup, ya sudah jadi belanja di pinggir-pinggur jalan, jadinya beli buah, sama ada beberapa baju," katana

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini